Pengaruh Kualitas Pelayanan Waiter atau Waitress Terhadap Kepuasan Pelanggan di Saffron Restoran Grand Aston Yogyakarta

Widodo, Dody Setiyo (2019) Pengaruh Kualitas Pelayanan Waiter atau Waitress Terhadap Kepuasan Pelanggan di Saffron Restoran Grand Aston Yogyakarta. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (1MB)

Abstract

Didalam bisnis jasa, kualitas pelayanan harus diperhatikan. Karena kualitas pelayanan merupakan cara mempertahankan pelanggan. Dengan adanya kualitas, berarti perusahaan harus memenuhi harapan-harapan pelanggan dan memuaskan kebutuhan mereka. Jika kualitas pelayanan diterapkan dengan benar tentunya pelanggan merasa puas sehingga akan menimbulkan keuntungan bagi perusahaan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan instrument penelitian dalam bentuk kuesioner dengan 46 butir pernyataan, untuk menguji validitas, reliabilitas serta uji normalitas dengan menggunakan pearson correlation sedangkan untuk untuk menguji hipotesis penulis menggunakan uji regresi linier berganda, uji t, uji R, serta Uji F. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan alat bantu SPSS versi 25. Responden yang digunakan sebanyak 30 orang, responden merupakan tamu yang ada di saffron restoran Grand Aston Yogyakarta. Berdasarkan analisis data hasil penelitian menunjukkan bahwa indikatorindikator pada pada penelitian ini bersifat valid dan reliabel. Pada uji asumsi klasik data berdistribusi normal. Pada uji hipotesis Variabel Keandalan / reliability, Daya tanggap / responsiveness,Kompetensi / competence, Akses / acces, Kesopanan / courtesy, Kejujuran / credibility, dan Keamanan / security tidak ada pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan di saffron restoran Grand Aston Yogyakarta. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji T pada setiap variable tersebut dengan nilai Thitung > Ttabel. Jadi dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan Komunikasi / communication ada pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan di saffron restoran Grand Aston Yogyakarta, dengan nilai Thitung sebesar 2.072 lebih kecil dari Ttabel dengan nilai 2,048. Maka diperoleh Thitung < Ttabel. Jadi dengan demikian Ho diterima dan Ha ditolak. Understanding knowing the customer ada pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan di saffron restoran Grand Aston Yogyakarta, dengan nilai Thitung sebesar 2.296 lebih kecil dari Ttabel dengan nilai 2,048. Maka diperoleh Thitung < Ttabel. Jadi dengan demikian Ho diterima dan Ha ditolak. Bukti fisik/tangible ada pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan di saffron restoran Grand Aston Yogyakarta, dengan nilai Thitung sebesar 3.237 lebih kecil dari Ttabel dengan nilai 2,048. Maka diperoleh Thitung < Ttabel. Jadi dengan demikian Ho diterima dan Ha ditolak dan variable Bukti fisik / tangible berpengaruh paling signifikan terhadap kepuasan pelanggan di saffron restoran Grand Aston Yogyakarta. Sedangkan Uji R bahwa nilai koefisiensi determinasi atau R Square sebesar 0,732 atau 73,2%. Hal ini dapat dikatakan bahwa variable yang diteliti secara simultan berpengaruh terhadap variabel Kepuasan pelanggan sebesar 73,2%. Sedangkan sisanya 28,8% dipengaruhi oleh variabel lain di luar persamaan regresi ini atau variabel yang tidak diteliti. Serta dengan uji F ada pengaruh yang simultan variable independent terhadap variable dependent Hal ini dibuktikan dengan hasil statistic Fhitung sebesar 5.865 sedangkan Besarnya Ftabel yaitu 2,35. Diketahui nilai Fhitung 5,197 > Ftabel 2,35, dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak Kata kunci : kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 315100767.
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan
Subjects: Marketing > Customer > Customer Satisfaction
Corporate World > Human Resource Development > Employee > Service Quality
Divisions: Pengelolaan Perhotelan D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 30 Jan 2020 04:55
Last Modified: 07 Jul 2020 06:42
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/100

Actions (login required)

View Item View Item