Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Nasi Kendil di Kopi BW

Sari, Intan Septiana (2019) Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Nasi Kendil di Kopi BW. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dengan judul “Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Nasi Kendil di Kopi BW” merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Nasi kendil merupakan salah satu produk dari Kopi BW yang cukup digemari oleh masyarakat Pringsewu. Dalam pemasaran produknya, Kopi BW sebenarnya tidak memiliki tim marketing khusus, akan tetapi pemilik Kopi BW memiliki rancangan strategi tersendiri dalam pemasaran produknya dalam rangka mencapai hasil penjualan yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan Kopi BW dalam memasarkan produk Nasi Kendil. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif melalui STP (Segmentation, Targeting, Positioning). Sumber data yang diambil melalui sumber data primer yang terdiri dari pemilik, manajer, kasir dan barista. Sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari buku jurnal dan skripsi yang dijaikan referensi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan juga dokumentasi. Data yang telah diperoleh kemudian direduksi, disajikan dalam display data deskriptif yang kemudian ditarik kesimpulan. Metode untuk memperoleh keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan diketahui bahwa pada segmen pasar Kopi BW menggolongkan pasar berdasarkan factor geografis dan faktor demografis yaitu masyarakat sekitar pringsewu, pesawaran, dan Tanggamus dengan rentan umur 17 tahun hingga 25 tahun. Selanjutnya, target pasar yang dipilih oleh Kopi BW berasal dari kelas menengah kebawah yakni dari kalangan pelajar dan juga mahasiswa. Dalam memposisikan pasar (positioning), citra yang ingin ditanamkan Kopi BW kepada para pelanggan terhadap produk yang dijual terutama nasi kendhil di lakukan melalui slogan “berasa dihati”. Dimana Kopi BW ingin memberikan kesan yang mendalam kepada para pelanggan mengenai produknya yang tidak hanya terasa di lidah saja, akan tetapi produk yang dijual terutama nasi Kendhil juga akan terasa hingga kedalam hati. Berdasarkan hasil STP (Segmentation, Targeting, Positioning) yang telah dibahas diketahui bahwa para pelajar dan mahasiswa yang berada di Pringsewu dengan rentan umur 17 tahun hingga 25 tahun menyukai nasi kendil yang ada di Kopi BW. Kata Kunci : Strategi, STP (Segmentation, Targeting, Positioning), Produk, Nasi Kendil

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 315100829.
Uncontrolled Keywords: Strategi, STP (Segmentation, Targeting, Positioning), Produk, Nasi Kendil
Subjects: Economy > Marketing > Marketing Strategy
Divisions: Pengelolaan Perhotelan D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 31 Jan 2020 02:27
Last Modified: 21 Apr 2021 03:59
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/102

Actions (login required)

View Item View Item