Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kunjungan Wisatawan di Goa Pindul

Ivtiana, Devi (2017) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kunjungan Wisatawan di Goa Pindul. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (827kB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (880kB)

Abstract

Judul yang mendasari penelitian ini adalah semakin bertambahnya agen wisata di Goa Pindul ini tentunya persaingan mereka akan semakin ketat dan cukup sengit dalam mendapatkan hati wisatawan yang datang berkunjung ke Goa Pindul, sehingga setiap agen berlomba dalam meningkatkan kualitas pelayanan yang mereka berikan kepada wisatawan demi meningkatkan tingkat kunjungan wistawan. Dengan demikian, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KUNJUNGAN WISATAWAN DI GOA PINDUL”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1. Adanya pengaruh kualitas pelayanan terhadap tingkat kunjungan wisatawan di Goa Pindul. 2. Untuk mengetahui dimensi mana yang yang paling dominan terhadap tingkat kunjungan wisatawan di Goa Pindul. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Berdasarkan data dari 100 responden, penelitian ini menunjukan bahwa hasil uji F menggunakan uji Anova menunjukkan nilai F hitung sebesar 17.658 sedangkan F tabel sebesar 2.31 dengan tingkat signifikansi tabel anova sebesar 0.000 < 0.05, dengan demikian F hitung > F tabel (17.658>2.31) yang artinya Ho1 ditolak. Dan berdasarkan uji determinasi (R 2 ) untuk menunjukkan nilai Adjusted R Square sebesar 0.457, maka besarnya variabel bebas terhadap variabel terikat adalah 45,7% sisanya (100 – 32,3 = 67,7%) dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian. Kemudian berdasarkan hasil Uji t menggunakan Coefficients menunjukkan nilai thitung sebesar 2.216 dan berdasarkan ttabel sebesar 1.661 oleh karena itu thitung > ttabel dan mempunyai angka signifikan kurang dari 0.05 (0.029 < 0.05) yang artinya Ho2 ditolak. a Jadi berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil hipotesis pertama yaitu kelima variabel Kualitas Pelayanan Tangible (X1), Reliabillity (X2), Responsiveness (X3), Assurance (X4) dan Emphaty (X5) secara simultan berpengaruh terhadap Tingkat Kunjungan Wisatawan (Y). Dan hasil hipotesis kedua, variabel Assurance merupakan variabel yang paling berpengaruh dan signifikan terhadap Tingkat Kunjungan Wisatawan (Y). Sebagai saran masih perlu ditingkatkan untuk kualitas pelayanan agar tingkat kunjungan wisatawan akan terus meningkat di Goa Pindul. Dari indikator-indikator kualitas pelayanan bisa digunakan sebagai acuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap tingkat kunjungan wisatawan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 413100249
Uncontrolled Keywords: kualitas pelayanan, tingkat kunjungan wisatawan
Subjects: Corporate Business, Business Organization > Human Resource Development > Employee > Service Quality
Tourism > Visitation > Visit Rate
Divisions: Usaha Perjalanan Wisata D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 22 Apr 2022 03:35
Last Modified: 22 Apr 2022 03:35
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1040

Actions (login required)

View Item View Item