Analisis Kinerja Unit Lost and Found Terhadap Penanganan Bagasi di PT. Jas Yogyakarta

Amz, Dewi Sartika (2017) Analisis Kinerja Unit Lost and Found Terhadap Penanganan Bagasi di PT. Jas Yogyakarta. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (911kB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (340kB)

Abstract

Tujuan yang mendasari skripsi ini adalah untuk mengetahui kinerja dalam penanganan yang digunakan Sriwijaya Air dalam menangani masalah bagasi yang mengalami kendala seperti kerusakan bagasi (damage baggage), hilangnya bagasi (lost baggage), ditemukannya bagasi (found baggage), dan bagasi yang ditemukan tanpa dokumen lengkap (courstesy baggage). Terkait dengan begitu pentingnya masalah tersebut maka akan dicari pemecahannya agar tercipta pelaksanaan kinerja yang efektif yang berpengaruh terhadap penanganan bagasi di PT. Jas Yogyakarta khususnya di bagian unit lost and found yang menangani khusus masalah bagasi maskapai Sriwijaya Air , maka dari itulah penulis tertarik mengambil judul “ANALISIS KINERJA UNIT LOST AND FOUND TERHADAP PENANGANAN BAGASI DI PT. JAS YOGYAKARTA”. Dalam hal ini peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dan menggunakan metode pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Prosedur penanganan kerusakan bagasi (damage baggage) oleh unit lost and found di PT. Jas Yogyakarta dikategorikan sudah baik kendati penanganan yang dilakukan sudah berdasarkan SOP dan dari jumlah data yang ada menunjukkan kinerja dalam penanganan bagasi ini dapat terselesaikan dengan baik berdasarkan data gabungan dari observasi, wawancara, dan data yang ada. Sedangkan Penanganan kehilangan bagasi (lost baggage) kinerja dalam penanganan bagasi ini dikategorikan sudah baik karena dari segi penanganan yang ada ketika dicocokan menggunakan observasi dan wawancara dan dari data kendala pada bagasi sesuai dengan SOP yang ada. Kinerja mengenai penanganan temuan bagasi (found baggage) ada sudah sesuai dengan SOP yang ada, dalam hal ini peneliti menggunakan teknik wawancara. Karena dalam teknik observasi peneliti tidak menemukan adanya kendala dalam kasus ini dan juga dalam data yang peneliti dapat, peneliti tidak menemukan adanya kasus dalam 6 (enam) bulan terakhir ini. Kinerja dalam penanganan bagasi ini sudah sangat dikategorikan baik kendati dari hasil wawancara yang peneliti lakukan bahwa petugas unit lost and found dalam menangani bagasi yang tidak memiliki dokumen lengkap ini sudah sesuai dengan SOP. Data yang ada tidak menunjukkan adanya kendala pada courtesy bagggage ini selama 6 bulan terakhir. Diharapkannya setelah penelitian ini leader unit lost and found sriwijaya Air dapat memperbaiki untuk lebih baik lagi sistem kinerja petugas unit lost and found yang masih tidak sesuai SOP dalam menangani bagasi yang mengalami kendala, agar terciptanya hasil kerja dari kinerja yang baik pula.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 415200135
Uncontrolled Keywords: kerusakan bagasi, kehilangan bagasi, temuan bagasi, bagasi tidak memiliki dokumen lengkap
Subjects: Transportation > Airplane > Airport > Airline > Airplane Baggage
Transportation > Airplane > Airport > Airline > Airplane Baggage > Lost and Found Unit
Corporate Business, Business Organization > Human Resource Development > Employee > Performance
Divisions: Usaha Perjalanan Wisata D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 22 Apr 2022 03:49
Last Modified: 22 Apr 2022 06:10
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1041

Actions (login required)

View Item View Item