Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wisatawan di PT. Tifanha Rizky Mulia Cirebon

Firmansyah, Irvan (2017) Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wisatawan di PT. Tifanha Rizky Mulia Cirebon. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (383kB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (695kB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan banyaknya wisatawan yang menggunakan transportasi wisata di PT.Tifanha Rizky Mulia, bukan berarti permasalahan pesanan secara kuantitatif dapat teratasi.Akan tetapi, hal ini jadi pemicu di dalam memberikan pelayanan kepada wisatawan. Secara logika dapat dideskripsikan bahwa semakin banyak wisatawan yang menggunakan jasa transportasi wisata maka pelayanan akan menjadi terganggu dan menurunnya tingkat pelayanan. Dengan hasil akhir berdampak terhadap kepuasan wisatawan. Dengan demikian, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN DI PT.TIFANHA RIZKY MULIA CIREBON”.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan (reliabilitas, daya tanggap, jaminan, empati, bukti fisik) terhadap kepuasan wisatawan di PT.Tifanha Rizky Mulia Cirebon. (2) Untuk mengetahui dimensiyang paling berpengaruh terhadap kepuasan wisatawan di PT.Tifanha Rizky Mulia Cirebon.Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif kuantitatif.Berdasarkan data dari 100 responden, penelitian ini menunjukan bahwa dimensi bukti langsung (tangibles) berpengaruh terhadap kepuasan wisatawan dilihat hasil uji t memiliki nilai koefisien regresi 0.373 dengan signifikasi 0.000 < 0.005, maka Ha diterima Ho ditolak. Hasil uji F menggunakan uji Anova menunjukkan nilai F hitung sebesar 27.917 dengan tingkat signifikasi 0.000 < 0.005, maka Ha diterima Ho ditolak. Uji determinasi (R 2 ) untuk menunjukkan nilai Adjusted R Square sebesar 0.576, maka besarnya variabel bebas terhadap variabel terikat adalah 57,6 %, sisanya (100 – 57,6 = 402,4%) dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan dimensi bukti fisik berpengaruh terhadap kepuasan wisatawan. Oleh karena itu, dalam dimensi realibilitas, daya tanggap, jaminan, dan empati perusahaan harus lebih meningkatkan faktor-faktor yang dapat meningkatkan kepuasan wisatawan. Dalam aspek realibilitas perusahaan harus mampu untuk memberikan layanan dan berkomunikasi lebih baik lagi dalam penyampaian jasanya. Dalam dimensi daya tanggap yaitu ketersediaan dan kemampuan karyawan dalam pelayanan wisatawan harus lebih bervariatif dan lebih tanggap. Dalam dimensi jaminan perlu adanya tindakan yang meyakinkan atas kenyamaan dan keselamatan wisatawan. Dalam dimensi empati perusahaan harus lebih memperhatikan apa yang menjadi harapan dan keinginan wisatawan. Dengan demikian jasa tansportasi wisata di PT.Tifanha Rizky Mulia Cirebon akan menjadi transportasi wisata yang unggul dimata wisatawan dan calon wisatawan..

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 413100257
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Wisatawan
Subjects: Corporate Business, Business Organization > Human Resource Development > Employee > Service Quality
Tourism > Tourist / Traveler > Tourist Satisfaction
Divisions: Usaha Perjalanan Wisata D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 25 Apr 2022 06:17
Last Modified: 25 Apr 2022 06:17
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1050

Actions (login required)

View Item View Item