Analisis Motivasi yang Mempengaruhi Minat Wisatawan Domestik Berkunjung ke Taman Pintar Yogyakarta

Tambunan, Valdhea Tiarayesha Boru (2017) Analisis Motivasi yang Mempengaruhi Minat Wisatawan Domestik Berkunjung ke Taman Pintar Yogyakarta. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (438kB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (275kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi apa saja yang mempengaruhi minat berkunjung wisatawan domestik ke Taman Pintar Yogyakarta. Untuk mengetahui variabel bebas (Escape, Relaxation, Play, Strenghtening Family Bonds, Prestige, Educational Opportunity, Romance, Selfdiscovery, Wish-fulfilment) terhadap variabel terikat (minat berkunjung). Penelitian ini menggunakan data kuantitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, quesioner, dan studi pustaka. Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini, digunakan responden sebanyak 60 wisatawan yang berkunjung ke Taman Pintar Yogyakarta, dimana keseluruhan responden merupakan seluruh populasi yang diberi kesempatan yang sama menjadi anggota sampel. Uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian adalah uji validitas, uji reliabilitas. digunakan analisi regresi linear berganda untuk mengetahui pengaruh Escape, Relaxation, Play, Strenghtening Family Bonds, Prestige, Educational Opportunity, Romance, Self-discovery, Wish-fulfilment terhadap minat berkunjung wisatawan domestik ke Taman Pintar Yogyakarta baik secara simultan maupun parsial. Berdasarkan penelitian serta analisis yang telah dilakukan dapat diketahui hasil penelitian Escape (X1), Relaxation (X2), Play (X3), Strenghtening Family Bonds (X4), Prestige (X5), Educational Opportunity (X6), Romance (X7), Selfdiscovery (X8), Wish-fulfilment (X9) mimiliki pengaruh terhadap minat (Y) secara simultan. Hal ini dibuktikan dengan hasil Uji F , yaitu (sig)=0,000, bahwa nilai sig kurang dari 0,05 dan Fhitung sebesar 5.985 > Ftabel sebesar 2,07, maka Ha diterima, sebab terbukti secara bersama – sama ( simultan ) motivasi berpengaruh terhadap minat berkunjung wisatawan domestik ke Taman Pintar Yogyakarta. Koefisien determinasi ( R² ) mempunyai nilai 0,343, sehingga dapat disimpulkan bahwa motivasi berpengaruh terhadap minat sebesar 32,5% dan sisanya sebanyak 67,5%dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti seperti kualitas,fasilitas, harga dan kepuasan wisatawan. Sedangkan pada Uji T menunjukan bahwa Ha2 juga diterima, karena secara parsial Play ( X3 ) merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap minat, hal ini dibuktikan dengan hasil Uji T pada taraf sig 0,05, Escape (X1) dengan nilai sig 0,375>0,05. Relaxation ( X2 ) dengan nilai sig 0,101>0,05, Play (X3) dengan nilai sig 0,000<0,05. Strenghtening (X4) dengan nilai sig 0,388>0,05, Prestige (X5) dengan nilai sig 0,007<0,05, Educational (X6) dengan sig 0,044<0,05, Romance (X7) dengan sig 0,997>0.05, Self-discovery (X8) dengan sig 0.001<0.05, Wish-fulfilment dengan sig 0,819>0,05. Sehingga dapat dilihat bahwa variabel play paling berpengaruh terhadap minat berkunjung.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 412100240
Uncontrolled Keywords: Escape, Relaxation, Play, Strenghtening Family Bonds, Prestige, Educational Opportunity, Romance, Self-discovery, Wish-fulfilment
Subjects: Tourism > Tourist / Traveler > Tourist Motivation
Tourism > Visitation > Visit Interest
Divisions: Usaha Perjalanan Wisata D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 26 Apr 2022 06:12
Last Modified: 26 Apr 2022 06:12
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1062

Actions (login required)

View Item View Item