Pengaruh Kualitas Jasa Terhadap Loyalitas Konsumen di Hotel Novotel Makassar

Soumena, Fatni Yashari (2018) Pengaruh Kualitas Jasa Terhadap Loyalitas Konsumen di Hotel Novotel Makassar. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (290kB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (900kB)

Abstract

Kualitas pelayanan jasa merupakan segala bentuk aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan guna memenuhi harapan konsumen. Dimensi kualitas pelayanan jasa pada prinsipnya berfokus pada upaya mencapai apa yang dibutuhkan dan apa yang diinginkan oleh konsumen serta ketetapan penyampaiannya untuk mengimbangi harapan konsumen sehingga dapat menciptakan kepuasan yang pada akhirnya akan menimbulkan loyalitas konsumen. Ada lima dimensi kualitas pelayanan yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 60 responden dan populasinya adalah seluruh tamu yang berkunjung di Hotel Novotel Makassar pada periode bulan Maret 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel independen yaitu Kualitas Jasa terhadap variable dependen yaitu Loyalitas Konsumen dan untuk mengetahui variabel X manakah yang paling berpengaruh terhadap variabel Y. Variabel independen dalam penelitian ini adalah dimensi kualitas jasa tangible (XI), reliability (X2), responsiveness (X3) , assurance (X4), dan empathy (X5). Sedangkan variabel dependennya adalah loyalitas konsumen (Y). Berdasarkan hasil uji regresi linier berganda didapatkan Y = 13,136 + 0,293 X1 + 0,240 X2 + 0,300 X3 + 0,321X4 + 0,509 X5 dan nilai koefisien determinasi (R 2 ) sebesar 0,332 atau 33,2 % yang berarti kualitas jasa dapat diprediksi dan dapat dijelaskan terhadap variabel Loyalitas konsumen. Dari hasil uji F diketahui nilai variabel bebas secara bersama-sama adalah F hitung = 3,335 sedangkan nilai F tabel = 2,39 (F hitung > F tabel) sehingga terdapat pengaruh terhadap loyalitas konsumen secara bersama-sama. Kemudian dari hasil uji t diketahui nilai t tabel dan nilai t hitung secara bersama untuk masing-masing variabel bebas memiliki pengaruh yang signifikan. Hasil penelitian dan estimasi data melalui metode regresi berganda menunjukkan bahwa baik secara simultan maupun parsial, variabe independen Kualitas jasa terhadap variabel dependen Loyalitas dibawah tingkat signifikan 0,05 atau 5% terdapat pengaruh secara signifikan terhadap Loyalias Konsumen di Hotel Novotel Makassar dan berdasarkan uji statistik t diperoleh bahwa nilai t-hitung untuk Tangible (XI) 1.899, Reliability (X2) 1.711, Responsiveness (X3) 1.867, Assurance (X4) 1.942, dan Empathy (X5) yaitu 1.969, pada t tabel dengan df 54 dan taraf signifikan 5% diperoleh 1,673 maka secara parsial variabel independen Empathy (X5) merupakan variabel yang paling berpengaruh secara dominan terhadap variabel loyalitas konsumen di Hotel Novotel Makassar. Dengan ini hipotesa Ha1 dan Ha2 diterima.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 314100726
Uncontrolled Keywords: Kualitas Jasa, Loyalitas Konsumen, Hotel
Subjects: Corporate Business, Business Organization > Human Resource Development > Employee > Service Quality
Divisions: Pengelolaan Perhotelan D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 27 Apr 2022 04:20
Last Modified: 27 Apr 2022 04:20
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1069

Actions (login required)

View Item View Item