Strategi Promosi Mini Zoo Jogja Exotarium Sebagai Wisata Edukasi di Yogyakarta

Ege, Rosa Delima Ina (2021) Strategi Promosi Mini Zoo Jogja Exotarium Sebagai Wisata Edukasi di Yogyakarta. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mini Zoo Jogja Exotarium merupakan tempat fauna yang dirawat dalam lingkungan buatan, dan digunakan sebagai tempat wisata. berwisata ke kebun binatang selain melepas lelah juga menambah pengetahuan tentang hewan. Untuk mempromosikan Mini Zoo Jogja Exotarium sebagai wisata edukasi pengelola harus merancang strategi promosi karena tanpa peran strategi promosi yang efektif, dan kreatif maka pengunjung tidak akan mengetahui keberadaan serta apa saja yang disajikan Exotarium. Penelitian ini bertujan untuk mengetahui strategi apa yang digunakan oleh pihak pengelola untuk mempromosikan Mini Zoo Jogja Exotarium sebagai salah satu obyek wisata edukasi dan seberapa besar pengaruhnya. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, kuisioner. Penelitian ini menggunakan teknik analisis SWOT dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi promosi yang digunakan oleh pengelola Mini Zoo Jogja Exotarium cukup efektif dengan melalui berbagai bentuk promosi yaitu Advertising (periklanan): sebelum corona melalui media sosial, media cetak, media penyiaran, selama corona media sosial, dan media penyiaran. Sales Promotion (Promosi Penjualan) sebelum corona bekerja sama dengan swalayan, Alfamart se DIY, toko mainan, hotel, warung makan dan menerapkan sistem berbelanja Minimal Rp 200.000 dan mendapatkan 1 tiket gratis masuk JE, selama corona diturunkan menjadi Rp. 100.000. Public Relations (hubungan masyarakat) sebelum dan selama corona JE membuat kegiatan yang melibatkan masyarakat dalam keberlangsungan kegiatan tersebut. Direct Marketing (penjualan langsung). Sebelum dan sesudah corona JE mendatangi sekolah-sekolah dari TK-SD untuk melakukan promosi, biro-biro perjalanan, hotel, owner mempromosikan JE saat mengikuti pertemuan para Owner, membuat kegiatan gowes dan senam pagi, mengikuti pameran, Dan dalam diagram analisis SWOT menunjukkan hasil Mini Zoo Jogja Exotarium berada pada kuadran 1 yang artinya menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang yang ada.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 517100788
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pariwisata, Promosi.
Subjects: Economy > Marketing Strategy Test
Divisions: Pariwisata S-I
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 30 Dec 2022 02:49
Last Modified: 30 Dec 2022 02:49
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1129

Actions (login required)

View Item View Item