Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Gamplong Studio Alam

Purba, Ucha Verucha (2021) Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Gamplong Studio Alam. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (2MB)

Abstract

Saat ini banyak destinasi wisata yang memanfaatkan media sosial Instagram sebagai media promosi untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, salah satunya adalah Gamplong Studio Alam. Upaya promosi yang dilakukan pengelola Gamplong Studio Alam dapat dilihat dari akun Instagram @gamplong_studio yang telah terverifikasi. Akun Instagram tersebut berisikan unggahan foto dan video yang berkaitan dengan deskripsi informasi dan aktivitas wisata yang ada di Gamplong Studio Alam. Banyaknya unggahan foto dan video serta populernya akun @gamplong_studio tentunya akan menarik wisatawan untuk mengunjunginya, sehingga mengakibatkan peningkatan jumlah kunjungan wisatawan di Gamplong Studio Alam. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Gamplong Studio Alam. Penelitian ini menggunakan metodologi dan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi dan penyebaran kuesioner. Populasi pada penelitian ini adalah wisatawan berusia mulai dari 15 tahun, wisatawan yang sudah berkunjung ke Gamplong Studio Alam sebanyak satu kali atau lebih serta memiliki akun media sosial Instagram. Sampel pada penelit ian ini sebanyak 100 responden yang menggunakan teknik purposive sampling dengan pertimbangan atau kriteria tertentu yaitu wisatawan yang berusia mulai 15 tahun dan memiliki akun media sosial Instagram. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai regresi linier sederhana sebesar 9,424 dan koefisien variabel X (media sosial Instagram) sebesar 0,464, sehingga diperoleh persamaan regresi linier adalah Y = 9,424 + 0,464X. Berdasarkan uji koefisien korelasi antara variabel X (media sosial Instagram) terhadap variabel Y (keputusan berkunjung wisatawan) menunjukkan nilai sebesar 0,506 dan kedua variabel merupakan hubungan yang sedang. Koefisien penentu (determinasi) menunjukkan bahwa pada nilai R square yaitu 0,256 berarti hubungan antara variabel X terhadap variabel Y adalah sebesar 25,6% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak terdapat pada penelitian ini. Uji Statistik T menunjukkan bahwa nilai t hitung > t tabel (5,806 > 1,660) sehingga Ha diterima artinya ada pengaruh penggunaan media sosial Instagram terhadap keputusan berkunjung wisatawan di Gamplong Studio Alam.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 517100714
Uncontrolled Keywords: Media Sosial Instagram, Keputusan Berkunjung Wisatawan, Gamplong Studio Alam
Subjects: Tourism > Visitation > Visit Decision
Divisions: Pariwisata S-I
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 30 Dec 2022 06:21
Last Modified: 30 Dec 2022 06:21
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1138

Actions (login required)

View Item View Item