Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen di “Roemah Gimbo Kopi” Yogyakarta

Martha, Citra Kartika (2021) Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen di “Roemah Gimbo Kopi” Yogyakarta. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (2MB)

Abstract

Mengkonsumsi kopi telah menjadi salah satu kebutuhan dan gaya hidup (life style) masyarakat saat ini. Kedai kopi menjadi tujuan yang sangat diminati terutama kalangan muda untuk sekedar bersantai atau berkumpul dengan teman. Tidak hanya kalangan muda, kalangan pebisnis pun sering menghabiskan waktunya di kedai kopi untuk membahas rencana bisnisnya atau untuk bertemu dengan rekan kerjanya. Dari banyaknya permintaan akan kopi membuat para pengusaha tertarik untuk membuka usaha kedai kopi sehingga saat ini banyak bermunculan kedai kopi yang membuat persaingan semakin ketat. Dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat ini pengelolaan kedai kopi dituntut untuk lebih tanggap mengetahui apa saja yang menjadi kebutuhan dan keinginan dari konsumen dengan cara meningkatkan kualitas pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen secara bersama-sama maupun parsial serta untuk mengetahui variabel yang berpengaruh paling kuat terhadap kepuasan konsumen di Roemah Gimbo Kopi Yogyakarta. Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, dan Tangible sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah Kepuasan Konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan angket berupa pernyataan tertulis yang diberikan kepada responden untuk diisi dengan keadaan sebenarnya. Populasi sampel yang digunakan adalah konsumen Roemah Gimbo Kopi Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan Insidental Sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 70 orang responden yang telah dihitung dengan rumus slovin. Berdasarkan hasil Uji-F pada penelitian ini menunjukkan sig. F 0,000 < 0,05 dengan nilai F hitung 30,965 > F tabel 2,360 yang berarti Kualitas Pelayanan yang terdiri dari Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, dan Tangible secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan Konsumen. Berdasarkan hasil Uji-t dapat diketahui bahwa Responsiveness, Empathy, dan Tangible secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hasil Uji-t juga menunjukkan bahwa variabel Tangible (X5) memiliki pengaruh yang paling besar dibandingkan dengan variabel lainnya dengan nilai t hitung 3,461 > t tabel 1,997 maka variabel Tangible (X5) mempunyai pengaruh yang paling kuat terhadap kepuasan konsumen.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 317100993
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen.
Subjects: Economy > Customer and Consumer > Customer / Consumer Satisfaction
Corporate Business, Business Organization > Human Resource Development > Employee > Service Quality
Divisions: Pengelolaan Perhotelan D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 02 Jan 2023 05:48
Last Modified: 02 Jan 2023 05:48
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1180

Actions (login required)

View Item View Item