Analisis Kualitas Pelayanan Bellboy Kepada Tamu di Ros In Hotel Yogyakarta

Wardhana, Isnanto Pramudya (2021) Analisis Kualitas Pelayanan Bellboy Kepada Tamu di Ros In Hotel Yogyakarta. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (854kB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kualitas pelayanan sebuah hotel ditentukan dari harapan yang didapatkan oleh tamu. Kualitas pelayanan yang baik akan memberikan kepuasan kepada tamu. Salah satu bagian dari hotel yang memberikan pelayanan terbaiknya adalah bellboy. Bellboy merupakan bagian terdepan dari front office department yang paling pertama dan terakhir dalam memberikan pelayanan kepada tamu saat tiba dan meninggalkan hotel. Dalam memberikan pelayanan yang baik, bellboy juga mengalami berbagai kendala. Kendala-kendala tersebut perlu diberikan solusi yang terbaik dan efektif. Objek penelitian ini adalah Ros In Hotel Yogyakarta yang mempunyai visi untuk menjadi hotel paling ramah di Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dan teknik pengambilan data adalah observasi, angket, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian ini adalah kualitas pelayanan bellboy di Ros In Hotel Yogyakarta dikategorikan sangat baik dengan nilai rata-rata sebesar 64. Dimensi emphaty dengan pernyataan bahwa petugas bellboy melayani tamu dengan ramah mempunyai skor tertinggi dengan nilai 67. Kepuasan tamu terhadap kualitas pelayanan yang diberikan bellboy di Ros In Hotel Yogyakarta dinilai dengan nilai rata-rata sebesar 60,4 atau dikategorikan sangat puas. Dimensi kepuasan tamu yang mempunyai skor tertinggi adalah tamu sangat puas dengan keseluruhan pelayanan yang diberikan oleh bellboy dengan nilai 66. Berbagai kendala juga ditemukan dalam memberikan pelayanan, seperti kendala ketidaktahuan tamu mengenai bellboy, ketidaktahuan informasi oleh staff, dan kurangnya jumlah staff yang memadai. Solusi yang diberikan adalah perlunya penambahan staff, dan perbaikan kualitas staff.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 320200393
Uncontrolled Keywords: bellboy, kualitas pelayanan, kepuasan tamu.
Subjects: Corporate Business, Business Organization > Human Resource Development > Employee > Service Quality
Divisions: Pengelolaan Perhotelan D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 19 Jan 2023 04:56
Last Modified: 19 Jan 2023 04:56
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1220

Actions (login required)

View Item View Item