Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan di Destinasi Srambang Park Kabupaten Ngawi

Rumanti, Maharratri Rany Phuspi (2021) Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan di Destinasi Srambang Park Kabupaten Ngawi. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (1MB)

Abstract

Promosi merupakan komponen yang penting dalam pemasaran. Bahkan dapat dikatakan tidak ada pemasaran tanpa promosi. Hal ini telah banyak disadari oleh setiap pengelola destinasi wisata karena semakin ketatnya persaingan dalam mendatangkan pengunjung. Dengan banyaknya pesaing destinasi wisata di Kabupaten Ngawi, mengharuskan pengelola Destinasi Srambang Park untuk merencanakan strategi promosi yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi promosi yang dilakukan pengelola Destinasi Srambang Park dalam meningkatkan kunjungan wisatawan. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalalui observasi, wawancara, dokumentasi, studi pustaka, dan kuisioner. Penelitian ini menggunakan teknik analisis SWOT dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi promosi yang dilakukan pengelola Destinasi Srambang Park dalam meningkatkan kunjungan wisatawan melalui berbagai bentuk promosi. Periklanan (advertising), Srambang Park menggunakan media cetak (koran) dan media elektronik (radio, televisi, internet). Penjualan perseorangan (personal selling), Srambang Park melakukan kegiatan melalui bazar wisata Kabupaten Ngawi. Promosi penjualan (sales promotion), Srambang Park memberikan potongan harga tiket kepada wisatawan yang datang dalam bentuk rombongan sebesar 20%, 25%, sampai 50%. Hubungan masyarakat (public relation), Srambang Park melakukan kerja sama dengan berbagai pihak untuk melakukan promosi. Pemasaran langsung (direct marketing), Srambang Park melakukan kegiatan secara face to face melalui bazar dan juga tanpa tatap muka melalui media sosial (Instagram dan Facebook). Adapun dalam diagram analisis SWOT, Destinasi Srambang Park berada pada posisi kuadran 3 yang artinya menghadapi peluang pasar yang besar, tetapi di lain pihak, Destinasi Srambang Park menghadapi beberapa kendala dan kelemahan internal. Fokus strategi Destinasi Srambang Park yaitu meminimalkan masalah-masalah internal agar dapat meraih peluang yang lebih baik. Strategi yang tepat untuk Destinasi Srambang Park berdasarkan kuadran SWOT yaitu WO (Weakness – Opportunity).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 517100781
Uncontrolled Keywords: Strategi, Promosi, Pariwisata, Analisis SWOT.
Subjects: Economy > Marketing > Promotion
Tourism > Visitation > Visit Rate
Divisions: Pengelolaan Perhotelan D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 20 Jan 2023 01:20
Last Modified: 20 Jan 2023 01:20
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1229

Actions (login required)

View Item View Item