Studi Deskriptif Analisis Penerapan Segmenting, Targeting Dan Positioning (Stp) Pada Restoran Pirate Dinner di Tengah Pandemi

Mahalubi, Meylia Auretha (2021) Studi Deskriptif Analisis Penerapan Segmenting, Targeting Dan Positioning (Stp) Pada Restoran Pirate Dinner di Tengah Pandemi. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Studi Deskriptif Analisis Penerapan Segmentasi, Targeting dan Positioning (STP) Pada Restoran Pirate Dinner di Tengah Pandemi. Penelitian ini dilatar belakangi adanya perubahan segmenting, targeting dan positioning sebelum pandemi yaitu segmen dari Restoran Pirate Dinner pasar adalah wisatawan asing dengan target pasar wisatawan asing yang datang ke Pulau Dewata Bali. Strategi penentuan posisi pasar yaitu menurut atribut, pesaing, kategori produk dan harga. Akibat adanya pandemi yang terjadi di berbagai negara di dunia dan adanya penutupan akses keluar masuk wisatawan asing, hal ini membuat Restoran Pirate Dinner kehilangan pasar asing, maka perlu adanya penerapan segmenting, targeting dan positioning baru untuk segmen pasar wistawan lokal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan segmenting, targeting dan positioning yang dilakukan oleh Restoran Pirate Dinner salama pandemi terhadap penjualan produk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan secara sistematis tentang fokus penelitian yang meliputi segmenting, targeting dan positioning. Subjek penelitian ini ada dua orang yaitu Head of Marketing dan satu konsumen. Data dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkkan bahwa segmenting, targeting dan positioning yang di lakukan oleh restoran Pirate Dinner menunjukkan adanya perkembangan dari awal buka setelah PPKM ( Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Mikro ) sepi pembeli adanya kenaikan secara perlahan setelah penerapan segmenting, targeting dan positioning, karena hilangan pasar asing akibat pandemi maka fokus utamanya yaitu pasar lokal. Segmentasi pada saat pandemi yaitu wisatawan lokal dengan dasar penentuan segmentasi berdasarkan segmentasi psikografi dan perilaku. Target pasar yang dituju yaitu wisatawan lokal yang datang ke Bali. Strategi penentuan posisi pasar yaitu strategi menurut atribut, kategori produk, pesaing dan strategi harga atau kualitas. Perubahan yang terjadi yaitu adanya reservasi dan banyak wisawatan lokal yang datang ke Restoran Pirate Dinner. Hal ini membantu Restoran Pirate Dinner bertahan di tengah kondisi pandemi yang masih ada hingga saat ini.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 320200394
Uncontrolled Keywords: Segmenting, Targeting dan Positioning, Restoran Pirate Dinner.
Subjects: Science > Analytical Study
Divisions: Pengelolaan Perhotelan D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 20 Jan 2023 03:25
Last Modified: 20 Jan 2023 03:25
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1233

Actions (login required)

View Item View Item