Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Pramusaji Waroeng Spesial Sambal (Ss) di Kasongan Bantul

Pratama, Oni Adi (2021) Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Pramusaji Waroeng Spesial Sambal (Ss) di Kasongan Bantul. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (597kB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (515kB)

Abstract

Salah satu tindakan untuk memuaskan konsumen adalah dengan cara memberikan pelayanan kepada konsumen dengan sebaikbaiknya. Ada beberapa dimensi kepuasan yang dapat mempengaruhi perilaku konsumen untuk mempergunakan jasa Waroeng Waroeng Spesial Sambal (SS) antara lain dimensi tangible, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty. Kelima dimensi diatas dikembangkan oleh Parasuraman yang disebut SERVQUAL (Service Quality) yang merupakan suatu alat ukur terhadap kualitas pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan faktor dominan dari kualitas pelayanan yang meliputi bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati baik secara simultan maupun parsial terhadap kepuasan konsumen Waroeng Spesial Sambal (SS) Kasongan Bantul. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan data menggunakan metode kuesioner. Sampel penelitian ini adalah 60 pelanggan Waroeng Spesial Sambal (SS) Kasongan Bantul. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda. Kesimpulan yang diperoleh adalah : (1) Bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen Waroeng Spesial Sambal (SS) Kasongan Bantul yang ditunjukkan dengan nilai signifikan F sebesar 0,000 yang lebih kecil dari tingkat signifikan (α = 0,05). Hasil ini membuktikan bahwa semakin baik kualitas pelayanan yang diberikan akan menyebkan konsumen atau konsumen dari Waroeng Spesial Sambal (SS) Kasongan Bantul juga semakin puas; (2) Variabel keandalam merupakan faktor yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan konsumen Waroeng Spesial Sambal (SS) Kasongan Bantul, hal ini ditunjukkan dengan besarnya nilai koefisien beta variabel keandalan yang paling besar yaitu sebesar 0,269; (3) Besarnya pengaruh dari bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati secara bersama-sama terhadap kepuasan konsumen Waroeng Spesial Sambal (SS) Kasongan Bantul ditunjukkan dengan nilai Adjusted R square sebesar 0,731 atau sebesar 73,1%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 315100780
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Konsumen, Kualitas Pelayanan.
Subjects: Economy > Customer and Consumer > Customer / Consumer Satisfaction
Corporate Business, Business Organization > Human Resource Development > Employee > Service Quality
Divisions: Pengelolaan Perhotelan D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 25 Jan 2023 07:54
Last Modified: 25 Jan 2023 07:54
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1257

Actions (login required)

View Item View Item