Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di Royal Tour & Travel Kebumen

Safitri, Asriyani (2020) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di Royal Tour & Travel Kebumen. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (355kB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (612kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di Royal Tour & Travel. Lokasi penelitian ini adalah di Jl. Ronggowarsito no. 88, Pejagoan, Kabupaten Kebumen. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan variabel kualitas pelayanan (X) yaitu reliabilitas (X1), Daya Tanggap (X2), Jaminan (X3), Empati (X4) dan Bukti Fisik (X5) sedangkan untuk variabel (Y) adalah Kepuasan Pelanggan. Teknik pengambilan sampel dengan cara random sampling dan jumlah sampel yang di ambil dalam penelitian ini adalah 50 responden dari populasi pelanggan yang menggunakan jasa biro perjalanan wisata Royal Tour & Travel.. Teknik pengujian data kuesioner yang di uji menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, untuk analisis data menggunakan regresi linear berganda menggunakan SPSS 20. Sedangkan data tersebut akan di uji dengan Uji F, Uji t (uji parsial) dan Determinasi (R2). Dari hasil analisis Uji T (parsial), variabel bukti fisik (X5) memiliki hasil thitung > ttabel (3.220 > 2.01537) yang berarti variable Bukti Fisik sangat berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan di Royal Tour & Travel. Hal ini dikarenakan bukti nyata yang di berikan perusahaan seperti kerapihan Tour Leader selama perjalanan, mengenakan seragam yang baik dan berpenampilan menarik serta fasilitas transportasi, fasilitas akomodasi, dan fasilitas lain di daerah tujuan wisata telah terpenuhi. Wisatawan tidak kebingungan mencari Tour Leader karena mereka telah mengenakan seragam yang mudah untuk dikenali. Dan terdapat identitas di setiap Tour Leader. Sehingga wisatawan merasakan bukti nyata penawaran yang diberikan di awal sudah sesuai, mengenai fasilitas, akomodasi dan transportasi dan lain-lainnya sehingga wisatawan merasa puas.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 416100406
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan.
Subjects: Economy > Customer and Consumer > Customer / Consumer Satisfaction
Corporate Business, Business Organization > Human Resource Development > Employee > Service Quality
Divisions: Usaha Perjalanan Wisata D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 07 Mar 2023 03:21
Last Modified: 07 Mar 2023 03:21
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1298

Actions (login required)

View Item View Item