Kualitas Pelayanan Local Guide Terhadap Kepuasan Wisatawan di Museum Sonobudoyo Yogyakarta

Stevani, Evana (2021) Kualitas Pelayanan Local Guide Terhadap Kepuasan Wisatawan di Museum Sonobudoyo Yogyakarta. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (829kB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kualitas pelayanan local guide merupakan faktor penting dalam sebuah destinasi pariwisata Museum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan local guide mempengaruhi kepuasan wisatawan di Museum Sonobudoyo Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu nonprobability sampling yaitu - purposive sampling. Penelitian ini dilakukan di Museum Sonobudoyo Yogyakarta yang berlokasi di Jl. Pangurakan No.6, Ngupasan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian yang dilakukan ini melibatkan sebanyak 341 responden yang merupakan wisatawan yang berkunjung ke Museum Sonobudoyo dan didampingi oleh local guide. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei-Juli 2021. Kualitas pelayanan local guide berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan di Museum Sonobudoyo. Selain itu dari hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan yang terdiri dari variabel tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty berpengaruh secara bersamaan maupun individual terhadap kepuasan wisatawan. Kualitas pelayanan berupa Reliability dan Responsiveness menjadi dimensi yang paling berpengaruh kepada kepuasan wisatawan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 417100487
Uncontrolled Keywords: Kualitas pelayanan, Local Guide, Kepuasan wisatawan.
Subjects: Tourism > Guide
Corporate Business, Business Organization > Human Resource Development > Employee > Service Quality
Tourism > Tourist / Traveler > Tourist Satisfaction
Divisions: Usaha Perjalanan Wisata D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 07 Mar 2023 04:41
Last Modified: 07 Mar 2023 04:41
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1306

Actions (login required)

View Item View Item