Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Layanan E-Commerce (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pengguna Tiket.Com Di Stp Ampta)

Rosang, Valerie Amanda Tiffany (2021) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Layanan E-Commerce (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pengguna Tiket.Com Di Stp Ampta). Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan pariwisata baik dari segi pelayanan maupun teknologi saat ini semakin meningkat. Perubahan perilaku wisatawan terutama generasi milenial yang sangat mengutamakan kecepatan dan kemudahan layanan menjadi salah satu pemicu pertumbuhan bisnis melalui media internet atau e-commerce. Hal ini menimbulkan pesaing-pesaing bisnis bagi layanan online travel agent, salah satunya adalah tiket.com. Sehingga sangat penting untuk memberikan kualitas pelayanan dan harga yang terbaik untuk menarik pelanggan menggunakan layanan tersebut dan terciptanya kepuasan pelanggan setelah melakukan transaksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan (X1) dan harga (X2) secara bersama-sama dan diantara kedua variabel tersebut dicari pengaruh yang lebih dominan terhadap kepuasan pelanggan (Y), dilakukan pada mahasiswa pengguna tiket.com di STP AMPTA, dengan mengambil sampel sebanyak 100 responden menggunakan probability sampling yaitu teknik simple random sampling. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa data primer yang diperoleh dari hasil tanggapan responden melalui penyebaran kuisioner secara online dengan bantuan google form. Data dalam penelitian ini telah memenuhi uji kelayakan instrumen dan variabel, dengan analisis data yang digunakan adalah analisis linier berganda, uji t, uji f, dan koefisien determinasi (R 2 ) sebagai uji hipotesis, yang diolah menggunakan bantaun program SPSS statistics versi 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Kualiatas Pelayanan dan Harga secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Kepuasan Pelanggan pada layanan tiket.com. Diketahui berdasarkan hasil uji F menunjukkan nilai F hitung (44,245) lebih besar dari F tabel (3,09) artinya Ha 1 diterima. Hasil uji t menunjukkan nilai terbesar pada t hitung terdapat pada variabel Harga sebesar 5,419 hal ini menunjukkan bahwa Harga merupakan variabel yang lebih dominan berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan daripada variabel Kualitas Pelayanan, artinya Ha 2 ditolak. Berdasarkan uji koefisien determinasi, diperoleh nilai R 2 sebesar 0,477 artinya bahwa nilai variabel Kualiatas Pelayanan dan Harga memiliki pengaruh sebesar 47,7% terhadap variabel Kepuasan Pelanggan, sedangkan sisanya sebesar 52,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 417100468
Uncontrolled Keywords: E-commerce, Kualitas Pelayanan, Harga, dan Kepuasan Pelanggan
Subjects: Economy > Customer and Consumer > Customer / Consumer Satisfaction
Corporate Business, Business Organization > Human Resource Development > Employee > Service Quality
Divisions: Usaha Perjalanan Wisata D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 08 Mar 2023 04:32
Last Modified: 08 Mar 2023 04:32
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1341

Actions (login required)

View Item View Item