Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wisatawan di Kebun Raya Bogor

Rinjani, Delfiani (2022) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wisatawan di Kebun Raya Bogor. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (952kB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (363kB)

Abstract

Kebun Raya Bogor merupakan sebuah objek wisata di Kota Bogor yang memiliki luas 87 hektar dan memiliki 15.000 jenis tumbuhan yang dibangun dengan sejarahnya karena alasan peperangan yang terus berlanjut. Belanda adalah kerajaan yang menguasai Indonesia saat itu. Selain memiliki koleksi tumbuhan, Kebun Raya Bogor juga memiliki banyak bangunan bersejarah serta tempat-tempat dengan keindahan alamnya yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat berolahraga, piknik hingga spot foto bagi wisatawan. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan penelitian kuantitatif dengan variabel independen Kualitas pelayanan yang meliputi Bukti Fisik (X1), Empati (X2), Kehandalan (X3), Daya Tanggap (X4) dan Jaminan (X5) sedangkan untuk variabel dependen adalah Kepuasan Wisatawan (Y). Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling dan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Data yang digunakan adalah regresi linier berganda karena variabel yang diteliti memiliki lebih dari (satu) variabel dan penelitian ini menggunakan program SPSS 23. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret 2022. Penelitian ini berlokasi di Jalan Ir. H. Djuanda, Paledang, Bogor, Jawa Barat. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil nilai (R²) sebesar 0,694 yang artinya besarnya pengaruh variabel bebas yaitu kualitas pelayanan yang meliputi bukti fisik, empati, kehandalan, daya tanggap dan jaminan terhadap variabel terikat yaitu kepuasan wisatawan adalah sebesar 69,4% dan sisanya (30,6%) dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan dari hasil analisis Uji F dapat diketahui bahwa F hitung sebesar 42,542 > F tabel sebesar 2,311 dengan tingkat signifikansi tabel anova sebesar 0,000 < 0,05. Maka, dapat disimpulkan bahwa kelima variabel yaitu Bukti Fisik (X1), Empati (X2), Kehandalan (X3), Daya Tanggap (X4) dan Jaminan (X5) secara bersama-sama berpengaruh terhadap Kepuasan Wisatawan (Y).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 518100860
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Wisatawan, Kebun Raya Bogor
Subjects: Corporate Business, Business Organization > Human Resource Development > Employee > Service Quality
Tourism > Tourist / Traveler > Tourist Satisfaction
Divisions: Pariwisata S-I
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 13 Mar 2023 02:13
Last Modified: 13 Mar 2023 02:14
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1369

Actions (login required)

View Item View Item