Pengaruh Film Bumi Manusia Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan di Desa Wisata Gamplong

Fajri, Han Namja Ramadhani (2022) Pengaruh Film Bumi Manusia Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan di Desa Wisata Gamplong. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (10MB)

Abstract

Promosi wisata pada masa ini banyak dilakukan dengan cara yang kreatif salah satunya yaitu melalui film. Melalui film, lokasi dilangsungkannya shooting film tersebut secara tidak langsung mempromosikan tempat shooting itu sendiri. Dengan metode promosi tersebut, kemudian berkembang suatu trend wisata baru yaitu wisata film atau disebut juga sebagai film-induced tourism yang membuat tempat tersebut banyak dikunjungi oleh wisatawan. Wisata film memanfaatkan potensi alam yang tampak pada layar, budaya di lokasi pembuatan film, dan pengalaman para bintang film saat berada di lokasi-lokasi pembuatan film tersebut. Salah satunya di Desa Wisata Gamplong, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Film Bumi Manusia terhadap minat berkunjung wisatawan di Desa Wisata Gamplong. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan sampel sebanyak 100 responden yang merupakan penonton film Bumi Manusia, yang berusia mulai dari 18 tahun dan wisatawan domestik. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel (X) Film Bumi Manusia yang meliputi (X1) Efek Kognitif, (X2) Efek Afektif, (X3) Efek Behavioral berpengaruh secara simultan terhadap variabel (Y) Minat Berkunjung, hal tersebut dibuktikan dari hasil perhitungan uji F yang diperoleh F hitung sebesar 26.133 dengan nilai signifikasi sebesar 0,000. Nilai F xvi hitung (18.817) > F tabel (2,699) dan nilai signifikasi 0.000 < 0.05. Uji T yang didapatkan dari hasil (X1) Efek Kognitif dengan nilai signifikansi 0.009 < 0.05 dan thitung 2.659 > 1.985, pengaruh yang dihasilkan (X2) Efek Afektif dengan nilai signifikansi 0.000 < 0.05 dan thitung 4.006 > 1.985, dan pengaruh yang dihasilkan (X3) Efek Behavioral dengan nilai nilai signifikansi 0.023 < 0.05 dan thitung 2.308 > 1.985. Uji R square sebesar 0.370 atau 37% yang dapat disimpulkan bahwa variabel Efek Kognitif, Efek Afektif dan Efek Behavioral memberikan pengaruh terhadap Minat Berkunjung sebesar 37% dan sisanya 63% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian. Oleh karena itu kemajuan teknologi informasi dan komunikasi pada masa ini dapat dimanfaatkan secara optimal dengan memperhatikan ketiga variabel yang telah diteliti sehingga menarik dan dapat menimbulkan minat berkunjung wisatawan. Kata Kunci: pengaruh, film, minat, komunikasi massa

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 518101038
Uncontrolled Keywords: pengaruh, film, minat, komunikasi massa
Subjects: Tourism > Visitation > Visit Interest
Divisions: Pariwisata S-I
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 13 Mar 2023 06:56
Last Modified: 13 Mar 2023 06:56
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1390

Actions (login required)

View Item View Item