Pengaruh Produk Wisata, Harga, Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Minat Kunjungan Ulang Wisatawan di Desa Wae Rebo

Suci, Indri Yanikarunia (2022) Pengaruh Produk Wisata, Harga, Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Minat Kunjungan Ulang Wisatawan di Desa Wae Rebo. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (7MB)

Abstract

Desa Wae Rebo adalah desa yang masih mempertahankan kearifan lokal dan memiliki keunikan baik dari segi adat istiadat, struktur bangunan dan cara hidup. Desa Wae Rebo memiliki banyak potensi pariwisata yang hingga saat ini potensi wisata ini masih belum optimal, ketersediaan sarana dan prasarana yang mendukung kegiatan pariwisata belum memadai. Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan kunjungan lainnya seperti harga, kualitas pelayanan dan promosi yang dilakukan belum optimal sehingga mempengaruhi minat kunjungan ulang wisatawan. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh produk wisata, harga, kualitas pelayanan dan promosi terhadap minat kunjungan ulang wisatawan. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif. Penelitian kuantitatif dilakukan dengan membagikan kuisioner kepada 100 responden yang pernah mengunjungi desa Wae Rebo. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan asidental sampling. Analisis data menggunakan Teknik analisis regresi linear berganda. Melakukan uji pilot test kepada 30 responden. Uji validitas dan reliabilitas kuisioner atas dimensi produk wisata (atrasksi, amenitas, aksesibilitas, ansilari), harga, kualitas pelayanan dan promosi telah memenuhi syarat dibuktikan dengan nilai r hitung lebih besar dari r tabel 0,361, maka instrumen yang digunakan telah memenuhi syarat. Berdasarkan hasil penelitian pada taraf signifikansi 5% menunjukan bahwa produk wisata, harga, kualitas pelayanan dan promosi secara Bersama-sama berpengaruh terhadap minat kunjungan ulang wisatawan. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis uji F diperoleh sebesar 19.953 > F tabel 2.11 dan nilai signifikansi 0.000 < 0,05. Maka keputusannya Ho1: produk wisata, harga, kualitas pelayanan dan promosi secara simultan tidak berpengaruh terhadap minat kunjungan ulang wisatawan di desa Wae Rebo ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil uji T menunjukan bahwa variabel yang paling besar menimbulkan minat kunjungan ulang adalah variabel promosi. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis uji t diperoleh nilai t hitung 2.945 > nilai t tabel 1.989 dan nilai signifikan 0.004 < 0.05. maka keputusannya Ho2: diantara variabel bebas diduga tidak adanya diantara variabel bebas yang memiliki pengaruh paling besar menimbulkan minat kunjungan ulang wissatawan ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil koefisien determinasi (R xvi 2 ) memberikan kontribusi sebesar 57,3% terhadap minat kunjungan ulang wisatawan di desa Wae Rebo.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 518100870
Uncontrolled Keywords: Produk Wisata, Harga, Kualitas Pelayanan, Promosi, Minat Kunjungan Ulang
Subjects: Economy > Marketing > Promotion
Economy > Marketing > Price, Cost, Value
Corporate Business, Business Organization > Human Resource Development > Employee > Service Quality
Tourism > Visitation > Visit Interest
Divisions: Pariwisata S-I
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 14 Mar 2023 02:29
Last Modified: 14 Mar 2023 02:29
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1397

Actions (login required)

View Item View Item