Strategi Pengembangan Desa Wisata Berbasis Komunitas (Community Based Tourism) di Desa Wisata Karanganyar,Kabupaten Magelang

Saputri, Julia Indah (2022) Strategi Pengembangan Desa Wisata Berbasis Komunitas (Community Based Tourism) di Desa Wisata Karanganyar,Kabupaten Magelang. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (2MB)

Abstract

Desa Wisata Karanganyar merupakan salah satu desa di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Desa Wisata Karanganyar memiliki potensi unggulan yang menjadi daya tarik utama yaitu berupa kerajinan gerabah . Potensi lainnya adalah kerajinan anyaman,bronjong peternakan, dan agrowisata. Desa Wisata Karanganyar menggabungkan daya tarik alam dan budaya yang dikembangkan langsung oleh masyarakat setempat. Community based tourism merupakan suatu model pengembangan pariwisata yang berbasis komunitas. Dalam CBT komunitas diberdayakan untuk mengelola objek wisata yang ada. Pengembangan desa wisata berbasis komunitas (community based tourism) sangat perlu untuk diterapkan agar komunitas dapat merasakan manfaat dengan adanya desa wisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan pada desa wisata berbasis komunitas (community based tourism) di Desa Wisata Karanganyar, Kabupaten Magelang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang bertujuan untuk menjelaskan secara lebih spesifik peristiwa sosial dan alam. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif beserta pendekatan strategi dalam pengembangan desa wisata berbasis komunitas menggunakan analisis SWOT (strengths,weaknesses, opportunity, dan threat) berdasarkan dari faktor strategi eksternal (EFAS) dan faktor strategi internal (IFAS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang tepat diterapkan dalam pengembangan Desa Wisata Karanganyar Berbasis Komunitas (Community Based Tourism) adalah memaksimalkan strategi S-O (strengths-opportunity) yaitu dengan melakukan 1) mengembangkan ragam produk wisata Pedesaan berbasis keunikan potensi setempat 2) meningkatkan strategi promosi digital produk wisata pedesaan dengan bekerjasama dengan pemerintah dan menjaring mitra potensial 3) Meningkatkan kualitas homestay yang memenuhi standar kenyamanan sebagai daya tarik wisata melalui kerjasama dengan investor 4) Menyelenggarakan eventevent yang telah ada di desa wisata secara rutin untuk menarik wisatawan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 518100994
Uncontrolled Keywords: Community Based Tourism, Pengembangan desa wisata, Analisis SWOT.
Subjects: Tourism > Tourist Village
Tourism > Tourism Development
Tourism > Community Based Tourism
Divisions: Pariwisata S-I
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 14 Mar 2023 03:17
Last Modified: 14 Mar 2023 03:17
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1403

Actions (login required)

View Item View Item