m.r., Rivaldo (2022) Komunikasi Pemasaran Wisata di Taman Pintar Yogyakarta dalam Membidik Pengunjung. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.
Text
COVER - BAB 1_opt.pdf Download (977kB) |
|
Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf Restricted to Registered users only Download (749kB) |
|
Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf Download (589kB) |
Abstract
Kota Yogyakarta merupakan kota tujuan wisata sekaligus kota pendidikan. Hal ini ditunjukkan dengan keragaman obyek wisata yang di miliki serta banyaknya fasilitas dan kegiatan pendidikan yang dilakukan di kota ini. Dalam rangka memperkuat kesan nya sebagai kota wisata dan pendidikan, pada tahun 2004 di bangun Taman Pintar. Taman Pintar merupakan obyek wisata berbasis pendidikan “science center” di mana pengunjung bisa berwisata sekaligus menambah ilmu pengetahuan atau dengan kata lain belajar sambil bermain. Sebagai obyek wisata yang masih tergolong baru maka Taman Pintar perlu mempromosikan dirinya yaitu melalui kegiatan komunikasi pemasaran yang terangkum dalam bauran komunikasi pemasaran seperti yang di ungkapkan Philip Kotler 2012 antara lain: advertising, sales promotion, public relations, personal selling, dan direct marketing. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis/lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Dalam memeperoleh data di gunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi serta studi pustaka. Penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Yang menjadi sampel penelitian adalah 2 Key Informan yaitu yaitu Kepala Divisi Analisis Kerjasama dan Pemasaran serta 5 orang pengunjung Taman Pintar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Divisi Kerjasama dan Pemasaran Taman Pintar telah melakukan tugasnya secara optimal meskipun belum maksimal. Penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas komunikasi pemasaran yang dilakukan Taman Pintar untuk membidik wisatawan terwujud dalam berbagai kegiatan antara lain: bekerjasama dengan media massa baik cetak maupun elektronik, menyebarkan brosur dan selembaran kepada para pengunjung Taman Pintar, membuat spanduk dan baliho, bekerjasama dengan agen perjalanan wisata, bekerjasama dengan pihak-pihak swasta, sekolahsekolah serta instansi-instansi terkait, memberikan tarif harga rombongan, mengikuti kegiatan travel dialog, mengikuti pameran, membuat website, bekerjasama dengan portal calender event, menyajikan program-program yang menarik misalnya demo sains serta kreasi sains, dan memberikan pelayanan yang sebaik mungkin misalnya pelayanan pengunjung, sewa tempat dan lainlain. Berbagai pendapat yang diberikan oleh informan pengunjung di simpulkan bahwa sistem komunikasi pemasaran yang telah dijalankan oleh Taman Pintar sudah cukup baik karena Taman Pintar sudah melakukan komunikasi pemasaran di media sosial seperti youtube, tiktok, twitter dan instagram, di mana di media sosial tersebut berisi tentang informasi wahana yang ada di Taman Pintar dan harga tiket masuk setiap zona sehingga dapat mempermudah pengunjung. Kedepannya Taman Pintar dapat mengembangkan pemasarannya melalui media yang lebih luas dengan lebih interaktif.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Student ID Number: | 518100921 |
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Pemasaran |
Subjects: | Economy > Marketing |
Divisions: | Pariwisata S-I |
Depositing User: | Bama Suprobojati SIP. |
Date Deposited: | 15 Mar 2023 06:18 |
Last Modified: | 15 Mar 2023 06:18 |
URI: | http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1440 |
Actions (login required)
View Item |