Analisis Budaya Pemberian Tip dilihat Dari Persepsi Karyawan Terhadap Motivasi Melayani Tamu di Hotel Artotel Suites Bianti Yogyakarta

Waskito, Bagus Tri (2022) Analisis Budaya Pemberian Tip dilihat Dari Persepsi Karyawan Terhadap Motivasi Melayani Tamu di Hotel Artotel Suites Bianti Yogyakarta. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB I_opt.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II - BAB IV_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (951kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang budaya pemberian uang tip yang dilakukan oleh tamu di Hotel Artotel Suites Bianti Yogyakarta, apakah juga budaya pemberian uang tip yang dilakukan oleh tamu dapat memotivasi karyawan Hotel Artotel Suites Bianti Yogyakarta dalam melayani tamu apabila dilihat dari persepsi karyawan. Budaya pemberian tip di bidang hospitality khususnya perhotelan sudah menjadi kebiasaan lama yang ada di Indonesia, hal ini menjadi alasan Penulis untuk meneliti tentang budaya pemberian tip dilihat dari persepsi karyawan terhadap motivasi melayani tamu di Hotel Artotel Suites Bianti Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, yaitu penelitian yang berdasarkan data yang didapatkan dari hasil observasi dan kemudian dianalisis berdasarkan teori yang ada dan lebih menekankan pada deskriptif secara apa adanya. Teknik yang digunakan Penulis dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk uji keabsahan data pada penelitian ini, penulis menggunakan teknik triangulasi sumber yaitu menggali kebenaran informasi tertentu dengan menggunakan berbagai sumber data seperti dokumen, arsip, hasil wawancara, hasil observasi atau juga dengan mewawancarai lebih dari satu subjek yang dianggap memiliki sudut pandang yang berbeda. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat diketahui bahwa budaya pemberian tip yang diberikan kepada tamu kepada karyawan tidak dijadikan sebagai motivasi kerja untuk karyawan agar dapat memberikan pelayanan yang maksimal. Karyawan Artotel Suites Bianti Yogyakarta akan memberikan pelayanan yang sama sesuai dengan SOP kepada semua tamu tanpa membeda-bedakan tamu tersebut memberikan uang tip atau tidak, mereka menganggap tip hanya sebagai bonus saja yang diberikan oleh tamu atas pelayanan yang telah mereka berikan. Tipping dapat juga diartikan sebagai insentif jenis bonus, karena bonus merupakan salah satu bentuk pemberian insentif kepada karyawan. Oleh karena itu, tip tidak memiliki hubungan terhadap motivasi melayani tamu yang dilakukan oleh karyawan, namun tidak dapat dipungkiri bahwa dengan adanya tip, mereka lebih semangat dan lebih termotivasi untuk melayani tamu dengan lebih baik lagi sebagai rasa terima kasih dan sebagai tanda penghargaan saja. Mereka akan tetap melayani tamu sesuai dengan SOP yang ada dan tanpa membeda-bedakan tamu.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 318101315
Uncontrolled Keywords: Tip, Persepsi, Motivasi, Pelayanan
Subjects: Corporate Business, Business Organization > Human Resource Development > Employee > Work Motivation
Divisions: Pengelolaan Perhotelan D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 27 Mar 2023 02:41
Last Modified: 27 Mar 2023 02:41
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1464

Actions (login required)

View Item View Item