Analisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di “ling-lung kopi & eatery Yogyakarta”

Prasasti, Kiki Novia (2022) Analisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di “ling-lung kopi & eatery Yogyakarta”. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER -BAB 1_opt.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (7MB)

Abstract

Mengonsumsi kopi telah menjadi salah satu kebutuhan dan gaya hidup masyarakat. Kedai kopi atau yang sering disebut coffee shop sangat cocok dikunjungi oleh kalangan muda hingga tua. Selain mereka, kalangan pengusaha juga sering menghabiskan waktu di kedai kopi hanya sekedar bertemu dengan rekan kerja, ngobrol santai, hingga berdiskusi tentang pekerjaan. Dengan demikian banyaknya pengusaha di bidang coffee shop membuat mereka saling bersaing dan dituntut untuk selalu berinovasi untuk memenuhi kebutuhan konsumennya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen dan untuk mengetahui variabel yang berpengaruh paling kuat terhadap kepuasan konsumen di Ling-Lung Kopi & Eatery Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kuantitatif Deskriptif. Pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan angket berupa pernyataan tertulis yang diberikan kepada responden untuk diisi dengan keadaan sebenarnya. Populasi dan sampel yang digunakan adalah seluruh konsumen LingLung Kopi & Eatery Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan Insidental Sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sejumlah 92 responde. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Regresi Linear Berganda. Berdasarkan hasil Uji-F penelitian ini menunjukkan sig. F 0,000 <0,05 dengan nilai F Hitung 65,294 > F Tabel 2,32 yang berarti kualitas pelayanan yang terdiri dari Tangible, Reliability, Responsivness, Assurance, dan Emphaty secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen yang berarti Ha1 diterima. Varibel yang paling dominan dalam penelitian ini adalah dimensi Assurance (Jaminan). Hal ini ditunjukkan dengan koefisien β 0,346 lebih besar dari variabel lainnya, dengan demikian hipotesis Ha2 tolak. Uji determinan R Squere pada ke-lima variabel bebas secara simultan berkontribusi sebesar 77,9 & sedangkan sisanya 22,1% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 318101245
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Konsumen, Tangible, Reliability, Responsivness, Assurance, dan Emphaty.
Subjects: Economy > Customer and Consumer > Customer / Consumer Satisfaction
Divisions: Pengelolaan Perhotelan D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 28 Mar 2023 06:16
Last Modified: 28 Mar 2023 06:16
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/1512

Actions (login required)

View Item View Item