Analisis Tingkat Kesukaan Konsumen Terhadap Pembuatan Dodol Berbahan Dasar Buah Naga

Agatama, Nadia Novira (2018) Analisis Tingkat Kesukaan Konsumen Terhadap Pembuatan Dodol Berbahan Dasar Buah Naga. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB I_opt.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II - BAB IV_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dengan judul Analisis Tingkat Kesukaan Konsumen Terhadap Pembuatan Dodol Berbahan Dasar Buah Naga. Merupakan jenis penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Tujuan penelitian ini untuk melakukan pengujian suatu fenomena terhadap fenomena lain. Eksperimen menggunakan 4 (empat) perlakuan yang berbeda pada presentase buah naga dan tepung ketan yang digunakan yaitu Dodol A 25% buah naga : 75% tepung ketan, Dodol B 50% buah naga : 50% tepung ketan, Dodol C 75% buah naga : 25% tepung ketan, Dodol D 100% buah naga : 100% tepung ketan. Metode hasil penelitian responden yang meliputi penilaian dari berbagai aspek, berikut aspek yang dinilai adalah Aspek warna, rasa, tekstur, dan aroma Dodol. Responden penilaian sebanyak 30 orang. Metode pengumpulan data menggunakan penelitian subjektif uji indrawi yang diambil dari hasil penilaian responden yang meliputi penilaian rasa, tekstur, aroma, dan warna dodol. Responden penelitian adalah sebanyak 30 orang yang diambil dengan teknik sampling purposive dengan pertimbangan mencakup pengetahuan responden mengenai dodol pada umumnya untuk membuktikan apakah ada perbedaan produk. Metode analisis data untuk menguji hasil dari penelitian menggunakan uji friedman. Metode analisis data untuk menguji hasil penilaian responden yang sudah mengisi angket kuesioner akan diuji menggunakan uji friedman. Hasil uji friedman mean rank menunjukkan adanya perbedaan tingkat kesukaan dodol pada aspek warna, rasa, tekstur, dan aroma. Kemudian dilakukan uji friedman dengan hasil yaitu : (1) Dodol A aspek warna 2.18, aspek rasa 2.18, aspek tekstur 2.18, dan aspek aroma 1.98. (2) Dodol B aspek warna 2.45, aspek rasa 2.57, aspek tekstur 2.67, dan aspek aroma 2.48. (3) Dodol C aspek warna 2.42, aspek rasa 2.33, aspek tekstur 2.53, dan aspek aroma 2.62. (4) Dodol D aspek warna 2.95, aspek rasa 2.92, aspek tekstur 2.62, dan aspek aroma 2.92. Jadi, antara dodol A dan B, A dan C, maupun dodol B dan C, C dan D mempunyai tingkat kesukaan yang berbeda berdasarkan atribut warna, rasa, tekstur, dan aroma. Hasil dari penelitian menghasilkan hasil bahwa produk yang paling disukai oleh konsumen adalah produk dengan menggunakan perbandingan 100% buah naga : 100% tepung ketan dengan kualitas warna yang dihasilkan berwarna sama dengan buah naga yaitu merah tua yang pekat, rasa yang seimbang, tekstur yang tidak lengket, dan aroma yang dihasilkan khas aroma dodol dengan sedikit aroma buah naga. Kata kunci : Dodol, Buah Naga, Penambahan Bahan

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 314100706
Uncontrolled Keywords: Dodol, Buah Naga, Penambahan Bahan
Subjects: Food and Beverage > Food Product
Divisions: Pengelolaan Perhotelan D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 19 Mar 2020 03:44
Last Modified: 09 Jul 2020 02:22
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/153

Actions (login required)

View Item View Item