Penerapan Standar Operasional Prosedur Dalam Upaya Kelancaran Operasional Store Room di Hotel Melia Purosani Yogyakarta

Priskila, . (2018) Penerapan Standar Operasional Prosedur Dalam Upaya Kelancaran Operasional Store Room di Hotel Melia Purosani Yogyakarta. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB I_opt.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II - BAB IV_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujan untuk mengetahui bagaimana penerapan Standar Operasional Prosedur yang ada di Hotel Melia Purosani Yogyakarta untuk kelancaran operasional di Store Room. Penelitian ini dilakukan di Hotel Melia Purosani yang berlokasi di Jalan Mayor Suryotomo No. 31, Ngupasan, Gondoman Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriftif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sample yaitu seluruh staff yang dianggap paling tau keadaan di store room yaitu Store Suppervisor dan Storekeeper. Sumber data dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Hasil wawancara dan observasi yang didapat kemudian diolah sebagai data hasil penelitian. Peneliti memperoleh data dan dianalisis dengan reduksi, disajikan dalam display data kemudian ditarik kesimpulan. Dari hasil wawancara dan observasi diketahui bahwa penerapan karyawan store terhadap standar operasional prosedur di store room Hotel Melia Purosani yang terdiri dari prosedur barang masuk dan prosedur barang keluar. Prosedur tersebut sudah ditetapkan dan sudah diterapkan oleh bagian Store room, namun dalam prosedur pengeluaran barang menggunaan formulir Store Requestion dari permintaan barang, pengambilan hingga peng-input-an dan pelaporan, masih terdapat bagian-bagian yang sering tidak sesuai prosedur sehingga mempengaruhi proses selanjutnya. Hal tersebut dapat disebabkan karena berbagai alasan seperti yang dikemukakan oleh satu narasumber yang bertanggungjawab di bagain store room yaitu : (a) kondisi outlet sedang ramai; (b) ketidaksabaran menunggu persetujuan pihak berwenang; (c) stok barang di departemen habis; (d) kepentingan mendesak atau urgent; (e) lupa atau menunda-nunda untuk mengambil kegudang ataupun karena kesengajaan. Penyebab itu tidak menjadi sebuah kendala yang besar, hanya penggunaan waktu yang menjadi tidak evektif yang menyebabkan penundaan proses peng-input-an dan pelaporan transaksi barang sehingga waktu kerja staff yang bersangkutan menjadi over. Oleh sebab itu, peneliti berharap kerjasama antar bagian hotel lebih ditingkatkan lagi agar memberikan kelancaran kerja untuk bagian yang lainnya dan perlu adanya peningkatan alat penunjang kerja di Store room seperti komputerisasi sehingga mengurang error syestem. Kata kunci : Penerapan SOP, Penggunaan Store Requestion, Store Room, Hotel

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 314100740
Uncontrolled Keywords: Penerapan SOP, Penggunaan Store Requestion, Store Room, Hotel
Subjects: Hotel > Storage and Purchasing Department
Corporate World > Human Resource Development > Standard Operating Procedure
Divisions: Pengelolaan Perhotelan D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 19 Mar 2020 04:44
Last Modified: 09 Jul 2020 02:28
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/156

Actions (login required)

View Item View Item