Analisis Tingkat Kesukaan Masyarakat Antara Susu Jagung Dengan Susu Kedelai

Wibowo, Seti Angga (2018) Analisis Tingkat Kesukaan Masyarakat Antara Susu Jagung Dengan Susu Kedelai. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB I_opt.pdf

Download (977kB)
[img] Text
BAB II - BAB IV_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (896kB)
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (883kB)

Abstract

Susu kedelai merupakan susu nabati yang sudah terkenal luas di masyarakat, namun sangat disayangkan banyak juga yang kurang menyukai jenis susu nabati tersebut karena baunya yang kurang sedap. Oleh karena itu, penulis ingin mengenalkan janis susu nabati yang belum banyak masyarakat ketahui tetapi memiliki aroma yang lebih sedap serta memiliki gizi yang tidak kalah baiknya dengan susu kedelai, susu jagung. Susu jagung merupakan varian baru yang akan menambah berbagai pilihan susu nabati, dari sekian banyak susu nabati saya memilih susu jagung karena jagung sangat mudah dikembangbiakan di indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesukaan masyarakat terhadap susu jagung bila dibandingkan dengan susu nabati lainnya, dalam penelitian ini berupa susu kedelai. Metode pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling pada 33 responden di lingkungan Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta. Data yang dikumpulkan adalah data primer dan data sekunder. Pengumpulan data primer dilakukan dengan wawancara terstruktur kepada sampel yakni konsumen susu jagung dan susu kedelai. Wawancara ke konsumen dilakukan untuk melihat kesukaan, dengan uji organoleptik. Uji organoleptik dengan skala hedonik 1 (sangat tidak suka) hingga 4 (sangat suka) terhadap susu jagung dan susu kedelai. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik survei. Metode analaisis data yang digunakan adalah data primer dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis deskriptif kualitatif dilakukan untuk menggambarkan garis besar proses produksi susu jagung dan susu kedelai, dan analisis deskriptif kuantitatif digunakan untuk melihat tingkat kesukaan konsumen melalui uji kesukaan untuk melihat perbedaan respon antara tingkat kesukaan konsumen terhadap sampel susu jagung dan susu. Hasil penelitian menunjukan bahwa perbedaan tingkat kesukaan susu jagung dan susu kedelai tidak terlalu mencolok, dari segi aroma susu kedelai memiliki aroma yang langu, hal tersebut disebabkan karena adanya aktivitas enzim lipoksigenase yang terdapat pada kedelai. sedangkan pada susu jagung tidak terjadi hal tersebut. Responden lebih memilih susu jagung jika di bandingkan dalam segi aroma tersebut. Dari segi rasa keduanya memiliki tingkat kesukaan yang tinggi, bahkan hanya satu responden yang tidak menyukai susu kedelai. dari segi warna keduanya memiliki warna yang berbeda, susu kedelai memiliki warna putih yang tidak jauh beda dengan susu pada umumnya sedangkan susu jagung memiliki warna yang kekuningan. Warna dari susu jagung yang tidak biasa, membuat responden lebih suka terhadap susu jagung. Jika keduanya di bandingkan, susu jagung lebih unggul karena merupakan sesuatu yang baru dan lebih segar dibandingkan susu kedelai yang sudah ada di pasaran sejak lama. Kata kunci : Susu Jagung, Susu Kedelai, Tingkat Keminatan Masyarakat

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 313100641
Uncontrolled Keywords: Susu Jagung, Susu Kedelai, Tingkat Keminatan Masyarakat
Subjects: Food and Beverage > Food Product
Food and Beverage > Gastronomy > Beverage
Food and Beverage > Gastronomy > Beverage > Milk
Divisions: Pengelolaan Perhotelan D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 19 Mar 2020 06:57
Last Modified: 04 Nov 2022 02:17
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/163

Actions (login required)

View Item View Item