Strategi Promosi Objek Daerah Tujuan Wisata (Studi Kasus: Desa Wisata Dukuh, Sleman)

Rizki, Bella Indra (2017) Strategi Promosi Objek Daerah Tujuan Wisata (Studi Kasus: Desa Wisata Dukuh, Sleman). Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kegiatan promosi merupakan suatu yang perlu diperhatikan untuk dapat memasarkan produk atau jasa pada suatu DTW. Kurangnya keseriusan pengelola suatu DTW menjadi kendala untuk melakukan promosi sehingga menyebabkan DTW tidak berkembang. Salah satu DTW yang memiliki potensi wisata untuk dipasarkan adalah Desa Wisata Dukuh. Promosi terdiri dari bermacam-macam komunikasi yang dilakukan untuk menyampaikan informasi dan meyakinkan atau membunjuk calon wisatawan yang potensial untuk melakukan perjalanan wisata. Dalam kegiatan promosi ada yang disebut promotion mix atau bauran promosi. Bauran promosi merupakan gabugan dari berbagai jenis promosi yang ada untuk suatu produk yang sama agar hasil dari kegiatan promosi yang dilakukan dapat memberikan hasil yang maksimal. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui berbagai kegiatan promosi yang sudah dilakukan oleh Desa Wisata Dukuh dalam memasarkan produknya. Kemudian selanjutnya untuk menentukan strategi promosi yang bisa dijadiakan sebagai jalan alternatif untuk mempromosikan Desa Wisata Dukuh. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan cara mendapatkan data di lokasi penelitian melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang selanjutnya di cocokan dengan teori – teori mengenai promotion mix. Hasil penelitian menunjukan bahwa Desa Wisata Dukuh sebelumnya sudah melakukan kegiatan promosi, akan tetapi tidak berlangsung sampai saat ini. Kegiatan promosi menjadi terhambat karena kesibukan dari pengelola Desa Wisata yang begitu padat, sehingga kegiatan promosi menjadi terhenti. Dan untuk jala alternatif yang bisa dilakukan oleh Desa Wisata Dukuh untuk mempromosikan produknya telah dibahas dipembahasan lebih lanjutnya. Kata Kunci: Promosi, Promotion Mix, Desa Wisata Dukuh.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 513100290
Uncontrolled Keywords: Promosi, Promotion Mix, Desa Wisata Dukuh.
Subjects: Tourism > Tourism Destination
Tourism > Tourist Village
Economy > Marketing > Promotion
Economy > Marketing > Marketing Strategy
Divisions: Pariwisata-SI
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 28 Apr 2021 03:02
Last Modified: 28 Apr 2021 03:02
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/194

Actions (login required)

View Item View Item