Analisis Perbandingan Tingkat Kepuasan Wisatawan Pada Museum De Mata De Arca dan Upside Down World Yogyakarta Berdasarkan Ketersediaan Fasilitas dan Produk

Deviana, Faradilla (2017) Analisis Perbandingan Tingkat Kepuasan Wisatawan Pada Museum De Mata De Arca dan Upside Down World Yogyakarta Berdasarkan Ketersediaan Fasilitas dan Produk. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (469kB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (1MB)

Abstract

Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) merupakan daerah tujuan wisata di Indonesia dengan beragam wisata yang ditawarkan, seperti wisata buatan. Wisata buatan yang ada di DIY yaitu Museum De Mata De Arca dan Upside Down World. Kedua destinasi wisata ini merupakan wahana berfoto yang menawarkan fasilitas dan keunikan produk wisatanya masing-masing dengan tujuan untuk memberikan kepuasan wisatawan. Museum De Mata De Arca yang menawarkan produk wisata yaitu gambar 3D, 4D, dan patung sedangkan Upside Down World yang menawarkan produk wisata yaitu ruangan yang semua perabotannya asli dan ditata terbalik. Namun, minimnya fasilitas yang ditawarkan oleh Upside Down World seperti area parkir yang sempit dan penyejuk ruangan yang minim, sedangkan fasilitas tersebut dipenuhi oleh Museum De Mata De Arca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketersediaan fasilitas dan produk di kedua destinasi, serta untuk membandingkan kedua destinasi wisata yang berdasarkan ketersediaan fasilitas dan produk, sehingga dapat diketahui tingkat kepuasan wisatawan pada masing-masing destinasi wisata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode komparatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik nonrandom sampling berjumlah 15 responden dan pengumpulan data digunakan alat bantu kuesioner, wawancara serta eksplorasi (observasi dan dokumentasi). Teknik analisis data menggunakan Independent Sample T Test dengan menggunakan rumus Sparated Varians. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Berdasarkan hasil pengamatan, Museum De mata De Arca lebih unggul dibandingkan Upside Down World dari sisi fasilitas maupun produk untuk wisatawan. (2) Terdapat perbedaan tingkat kepuasan wisatawan antara Museum De Mata De Arca dan Upside Down World berdasarkan fasilitas dengan nilai sebesar 3.501 > sebesar 2.048, dengan demikian ditolak dan diterima bahwa terdapat perbedaan yang signifikan berdasarkan fasilitas antara Museum De Mata De Arca dan Upside Down World. Dari nilai mean untuk fasilitas Museum De Mata De Arca sebesar 34.866 > fasilitas Upside Down World sebesar 30.733 dengan selisih (mean difference) sebesar 4.133. Artinya wisatawan merasa lebih puas pada fasilitas yang disediakan oleh Museum De Mata De Arca daripada fasilitas yang disediakan oleh Upside Down World. (3) Terdapat perbedaan tingkat kepuasan wisatawan antara Museum De Mata De Arca dan Upside Down World berdasarkan produk dengan nilai sebesar 3.271 > sebesar 2.048, dengan demikian ditolak dan diterima bahwa terdapat perbedaan yang signifikan berdasarkan produk antara Museum De Mata De Arca dan Upside Down World. Dari nilai mean untuk produk Museum De Mata De Arca sebesar 34.933 > produk Upside Down World sebesar 30.6 dengan selisih (mean difference) sebesar 4.333. Artinya wisatawan merasa lebih puas pada produk yang disediakan oleh Museum De Mata De Arca daripada produk yang disediakan oleh Upside Down World. Menurut peneliti, dibutuhkan peningkatan fasilitas dan produk untuk Upside Down World dan dapat menjadikan Museum De Mata De Arca sebagai acuan dalam pengembangan dan pengelolaan wahana wisata untuk memberikan kepuasan wisatawan. Kata Kunci : Kepuasan wisatawan, Fasilitas, dan Produk

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 513100216
Uncontrolled Keywords: Kepuasan wisatawan, Fasilitas, dan Produk
Subjects: Tourism > Amenities (Facility)
Economy > Customer > Customer Satisfaction
Economy > Customer > Levels of Pleasure
Science > Archeology > Museum
Economy > Industry > Product Quality
Divisions: Pariwisata-SI
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 06 May 2021 03:58
Last Modified: 06 May 2021 04:04
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/212

Actions (login required)

View Item View Item