Amelia, Nadia Ayu (2023) Strategi Pengembangan Wisata Guci Kabupaten Tegal dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung Pasca Pandemi Covid 19. Bachelor thesis, Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta.
Text
Nadia Ayu Amelia, HALAMAN JUDUL - BAB I.pdf Download (8MB) |
|
Text
Nadia Ayu Amelia, BAB II - BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
Nadia Ayu Amelia, BAB V - LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Obyek Wisata Guci adalah obyek wisata alam yang mempunyai daya tarik dan potensi yang luar biasa bagus, Adanya pandemi Covid-19 membawa dampak yang besar di berbagai sektor kehidupan masyarakat serta dalam sektor pariwisata. Pemerintah mengeluarkan berbagai kebijakan untuk mengurangi penularan Covid-19 dengan salah satunya kebijakan penutupan tempat wisata yang mengakibatkan penurunan kunjungan wisatawan, pertumbuhan ekonomi dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Tegal. Namun untuk memulihkan sektor pariwisata pasca pandemic covid-19 pemerintah membuat beberapa strategi dalam mengembangkan obyek wisata Guci yang mana hal tersebut untuk menarik wisatawan supaya tertarik kembali mengunjungi Obyek Wisata Guci pasca pandemi covid-19 ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa upaya pengembangan yang telah dilakukan oleh pengelola wisata Guci Kabupaten Tegal dalam menarik minat pengunjung serta untuk menganalisa strategi pengembangan wisata Guci Kabupaten Tegal yang sebaiknya dilakukan dalam meningkatkan jumlah pengunjung pasca pandemic covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitataif dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk dapat mengetahui strategi pengembangan yang dilakukan, maka peneliti menggunakan analisis SWOT yang meliputi strenghs, weakness, opportunity dan threat serta peneliti juga menggunakan matriks SWOT. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala UPTD pengelolaan Objek Wisata Guci, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata serta pelaku usaha yang ada di wisata Guci. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa upaya pengembangan yang telah dilakukan oleh pengelola wisata sudah sesuai atau dalam artian sudah baik dilakukan, upaya pengembangan tersebut dilakukan dengan beberapa langkah yakni dari segi pembenahan infrastruktur yang terdapat di kawasan wisata, pelayanan berbasis (SOP), melakukan pembinaan kepada seluruh pelaku usaha, pelatihan service excellen atau hospitality, memperkaya wahana wisata serta dengan melakukan berbagai model promosi atau publikasi. Serta dilihat dari analisis faktor internal maupun faktor eksternalnya, maka dapat disimpulkan bahwa faktor kekuatan dan faktor peluang mendominasi sebagai pendorong yang dapat menimbulkan ketertarikan wisatawan untuk berkunjung. Sehingga berdasarkan upaya maupun strategi yang telah dilakukan oleh pengelola, dapat dikatakan bahwa hasil yang telah dilakukan dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung dan serta dapat pula berpengaruh terhadap meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Student ID Number: | 519101123 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi, SWOT, Pengelola, Kunjungan Wisatawan |
Subjects: | Tourism Tourism > Visitation Tourism > Tourism Development |
Divisions: | Pariwisata S-I |
Depositing User: | Bama Suprobojati SIP. |
Date Deposited: | 27 Aug 2024 03:24 |
Last Modified: | 27 Aug 2024 03:24 |
URI: | http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/2120 |
Actions (login required)
View Item |