Ussyarifah, Nida (2023) Model Tata Kelola Desa Wisata Karangsambung Berbasis Geotourism pada Kawasan Geopark Nasional Karangsambung-Karangbolong. Bachelor thesis, Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta.
Text
Nida Ussyarifah, HALAMAN JUDUL - BAB 1.pdf Download (9MB) |
|
Text
Nida Ussyarifah, BAB II - BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
Nida Ussyarifah, BAB V - LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan yang ada di dalam Tata Kelola Desa Wisata Karangasmbung, yaitu strategi pengembangan geowisata yang belum maksimal, kurangnya partisispasi masyarakat, serta masih adanya kegiatan penambangan. Proses penelitian ini berlangsung selama 6 (bulan) di Desa Karangsambung yang merupakan bagian dari kawasan Geopark Nasional Karangsambung-Karangbolong. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan model analisis interaktif oleh Miles & Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini merumuskan sebuah ruang interaktif yang menyediakan segala informasi terkait geotourism yang disebut dengan Geopark Corner. Geopark Corner memiliki fungsi yang dapat menjadi alternatif solusi yaitu sebagai pusat informasi dan layanan pariwisata, pelaksanaan pendidikan dan pelatihan, pemberdayaan masyarakat, ruang pajang, aktivitas wisata, sebagai penghubung antar pelaku pariwisata dan kerjasama antar stakehoulder. Untuk menjalankan fungsi tersebut komponen yang terlibat perlu adalah geocommunity, geofriends, geocompany, geoproduct, dan geoproducer.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Student ID Number: | 519101126 |
Uncontrolled Keywords: | Geopark Nasional Karangsambung-Karangbolong, Desa Wisata Karangsambung Geotourism, Geopark Corner |
Subjects: | Tourism Tourism > Ecotourism > Geotourism |
Divisions: | Pariwisata S-I |
Depositing User: | Bama Suprobojati SIP. |
Date Deposited: | 31 Aug 2024 03:11 |
Last Modified: | 31 Aug 2024 03:11 |
URI: | http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/2125 |
Actions (login required)
View Item |