Pengaruh Pengembangan Sarana Penunjang Wisata Terhadap Kepuasan Pedagang di Destinasi Wisata Menara Kudus

Alistya, Rei Alifi Nadine (2017) Pengaruh Pengembangan Sarana Penunjang Wisata Terhadap Kepuasan Pedagang di Destinasi Wisata Menara Kudus. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (266kB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (881kB)

Abstract

Destinasi wisata Menara Kudus merupakan sebuah icon wisata religi di kota Kudus. Pada tahun 2015 pemerintah kota Kudus telah mengembangkan sarana penunjang wisata tersebut diantaranya adalah pemusatan kios warung makan, oleh-oleh, dan kerajinan. Pengembangan tersebut diperkirakan akan mempengaruhi kepuasan pedagang di destinasi wisata Menara Kudus.Atasdasartersebutpenulismembuat penelitian dengan judul Pengaruh Pengembangan Sarana Penunjang Wisata terhadap Kepuasan Pedagang di Destinasi Wisata Menara Kudus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh unsur pengembangan sarana penunjang wisata yang diwakili oleh kios warung makan, kios oleh-oleh dan kios kerajinanterhdap kepuasan pedagang di Destinasi Wisata Menara Kudus.Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda, uji F, uji t dan uji determinasi determinasimenggunakan program IBM SPSS Statistic 22. Hasilanalisisregresi linier bergandadidapatkanY = 11.691 + 1.239X1 + 0.323X2 + 1.162X3. Pengaruh pengembangan sarana penunjang wisata terhadap kepuasan pedagang secara simultan dapat dijelaskan dengan melihat nilai Fhitungsebesar5.166 >dari Ftabel 2.77 dengansignifikansi 0.014<daritarafsignifikansebesar 0.05, maka Ho ditolak, karenaadapengaruhsignifikanpengembangan sarana penunjang wisata terhadap kepuasan pedagang di destinasi wisata Menara Kudus.Angka R square diketahui sebesar 0.544. Ini menunjukkan bahwa Besarnya pengaruh pengembangan sarana penunjang wisata terhadap tingkat kepuasan pedagang adalah 54.4%. Sedangkan sisanya sebesar 45.6% menurut peneliti dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.Pengembangan sarana penunjang secara parsial yang meliputi pengujian pengaruh kios warung makan (X1) adalah nilai yaitu thitung 2.318 > ttabel1.672, maka artinyaada pengaruh antara variabel kios warung makan terhadap kepuasan pedagang.Kios oleh-oleh (X2) adalah nilai thitung 0.554< ttabel 1.672, makaartinyatidakadapengaruhantaravariabelkios oleh- olehterhadapvariabelkepuasan pedagang. Kios kerajinan (X3) adalah nilai yaituthitung 3.028> ttabel 1.672, maka artinyaadapengaruhantaravariabelkios kerajinanterhadapvariabelkepuasan pedagang. Kata Kunci: Kios, Warung makan, oleh-oleh, kerajinan dan kepuasan pedagang.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 512100152
Uncontrolled Keywords: Kios, Warung makan, oleh-oleh, kerajinan dan kepuasan pedagang.
Subjects: Tourism > Amenities (Facility)
Economy > Merchant > Merchant Satisfaction
Divisions: Pariwisata-SI
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 07 Jun 2021 04:19
Last Modified: 07 Jun 2021 04:19
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/251

Actions (login required)

View Item View Item