Efektivitas Proses Rekrutmen Sumber Daya Manusia Perhotelan di Yogyakarta (Studi Kasus di New Saphir Hotel Yogyakarta)

Rahmawati, Cornelia (2017) Efektivitas Proses Rekrutmen Sumber Daya Manusia Perhotelan di Yogyakarta (Studi Kasus di New Saphir Hotel Yogyakarta). Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (147kB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sumber Daya Manusia merupakan faktor penting dalam sebuah perusahaan sebagai aset atau kunci yang menentukan perkembangan dan kemajuan suatu perusahaan. Salah satu perusahaan yang begerak dibidang jasa adalah usaha perhotelan. Hotel merupakan suatu bentuk akomodasi yang dikelola secara komersil yang menyediakan pelayanan penginapan, makanan dan minuman. Hotel juga merupakan perusahaan yang begerak dibidang jasa yang menuntut karyawanya untuk memiliki kemampuan pada masing masing divisi yang ada. Langkah awal untuk mendapat SDM yang berkompeten dibidangnya adalah dengan melakukan rekrutmen. Rekrutmen merupakan proses mencari, menemukan hingga menarik pelamar untuk bergabung dengan perusahaan. Perekrutan dapat dilakukan dengan metode perekrutan dari dalam dan dari luar. Operasional hotel setiap hari harus tetap berjalan, ketika satu posisi jabatan kosong maka Human Resource Department dituntut untuk cepat mendapat pengganti untuk posisi jabatan yang kosong tersebut sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan. Dengan permasalahan tersebut, maka penulis ingin melakukan penelitian dengan judul “Efekivitas Proses Rekrutmen Sumber Daya Manusia Perhotelan di Yogyakarta (Studi Kasus di New Saphir Hotel Yogyakarta)”. Penelitian ini difokuskan pada efektivitas proses rekrutmen pada dua departemen di New Saphir Hotel Yogyakarta yaitu Front Office dan Housekeeping. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas proses rekrutmen sumber daya manusia di New Saphir Hotel Yogyakarta dan untuk mengetahui metode rekrutmen sumber daya manusia di New Saphir Hotel Yogyakarta. Desain penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilakukan di New Saphir Hotel Yogyakarta pada bulan September 2017. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan telaah dokumen. Dari hasil wawancara dan observasi diketahui bahwa sudah dilakukan pengulasan informasi analisis deskripsi dan spesifikasi pekerjaan, perekrutan sudah sesuai dengan peraturan yang berlaku, sudah dilakukan penyampaian pesan kepada pelamar periahal pekerjaan dan kondisi hotel saat ini, menggali informasi pelamar, perekrutan dilakukan secara internal dan eksternal, perekrutan internal dengan menyebar memo kedalam perusahaan dan perekrutan eksternal dengan menyebar info ke media sosial, perekrutan dilakukan oleh HRM, HOD, GM dan Auditor, sudah ditetapkan metode dan strategi rekrutmen dengan mencantumkan kriteria yang dibutuhkan secara detail, sudah memiliki kriteria untuk mengevaluasi metode rekrutmen. Hasil penelitian ini adalah proses rekrutmen di New Saphir Hotel Yogyakarta sudah sesuai dengan 10 langkah proses pra rekrutmen dan dapat dikatakan bahwa proses rekrutmen tersebut efektif. Penulis menyarankan agar tetap memperhatikan keseimbangan dari sistem perekrutan internal dan eksternal serta memberikan peluang bagi pelamar pekerjaan yang belum memiliki pengalaman kerja dan baru di dunia perhotelan. Kata Kunci : rekrutmen, efektivitas proses rekrutmen, sumber rekrutmen

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 313100619
Uncontrolled Keywords: Rekrutmen
Subjects: Corporate Business, Business Organization > Human Resource Development
Corporate Business, Business Organization > Human Resource Development > Recruitment
Divisions: Pengelolaan Perhotelan D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 26 Jun 2021 04:35
Last Modified: 26 Jun 2021 04:48
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/270

Actions (login required)

View Item View Item