Analisa Kepuasan Pengunjung Terhadap Faktor-Faktor Yang Berpengaruh di Restaurant Siap Saji Transmart Maguwo

Ihwan, Muhammad (2017) Analisa Kepuasan Pengunjung Terhadap Faktor-Faktor Yang Berpengaruh di Restaurant Siap Saji Transmart Maguwo. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (773kB)

Abstract

Kepuasan konsumen merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan oleh perusahaan dalam rangka mencapai tujuannya. Dengan adanya kualitas pelayanan yang baik di dalam suatu perusahaan, akan menciptakan kepuasan bagi para konsumennya. Setelah konsumen merasa puas dengan produk atau jasa yang diterimanya, konsumen akan membandingkan pelayanan yang diberikan. Apabila konsumen merasa benar-benar puas, mereka akan membeli ulang serta memberi rekomendasi kepada orang lain untuk membeli di tempat yang sama.. Penelitian ini dilakukan di restaurant siap saji Transmart Maguwo pada bulan November 2017. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dan juga merupakan penelitian populasi dengan variabel independen faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pengunjung yaitu X1 : kualitas makanan dan X2 : kualitas pelayanan serta variabel dependen adalah Y : kepuasan pengunjung. Hasil analisa menjelaskan bahwa kepuasan pengunjung dipengaruhi oleh kualitas pelayanan, ditinjau dari hasil pengujian koefisien regresi secara simultan diperoleh Fhitung sebesar 21,993 > Ftabel sebesar 3,19, artinya kualitas makanan dan kualitas pelayanan berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pengunjung. Pada pengujian koefisien regresi secara parsial diperoleh nilai kualitas makanan dengan Thitung 2,504 dan nilai kualitas pelayanan dengan Thitung 5,036, semua hasil perhitungan menunjukkan nilai yang lebih besar dari nilai Ttabel yaitu 1,677, artinya semua variabel berpengaruh secara parsial terhadap variabel terikat (kepuasan pengunjung), dimana kualitas pelayanan lebih besar berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung. Kualitas pelayanan menjadi faktor yang berpengaruh lebih besar terhadap kepuasan pengunjung, sehingga perlu ditingkatkan dan dipertahankan. Dari hasil output SPSS nilai koefisiensi determinasi atau R Square sebesar 0,483 atau 48,3%. Hal ini berarti variabel yang diteliti (kualitas pelayanan dan kualitas makanan) memberikan pengaruh terhadap kepuasan pengunjung di restaurant siap saji Transmart Maguwo sebesar 48,3% sedangkan sisanya sebesar 51,7% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti. Kata kunci : kualitas makanan, kualitas pelayanan, kepuasan pengunjung.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 316200310
Uncontrolled Keywords: Kualitas Makanan, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pengunjung.
Subjects: Economy > Customer > Customer Satisfaction
Food and Beverage > Food Product > Food Quality
Corporate Business, Business Organization > Human Resource Development > Employee > Service Quality
Divisions: Pengelolaan Perhotelan D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 26 Jun 2021 04:47
Last Modified: 26 Jun 2021 04:47
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/271

Actions (login required)

View Item View Item