Analisis Strategi Pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul Terhadap Tingkat Kunjungan Wisatawan Domestik di Pantai Parangtritis

Pradhita, Caecilia Merry Chrisma Dyan (2017) Analisis Strategi Pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul Terhadap Tingkat Kunjungan Wisatawan Domestik di Pantai Parangtritis. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (576kB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (861kB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul sebagai pengelola Pantai Parangtritis. Untuk mengetahui variabel bebas dan variabel terikat menggunakan analisis regresi linear berganda, data yang digunakan adalah observasi dan kuesioner. Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini digunakan responden sebanyak 60 pengunjung Pantai Parangtritis dimana keseluruhan responden merupakan seluruh populasi yang diberikan kesempatan yang sama menjadi anggota sampel. Uji yang digunakan untuk menguji instrumen peneitian adalah uji validitas, uji reliabilitas. Digunakan analisis regresi linear berganda untuk mengetahui pengaruh produk dan promosi terhadap tingkat kunjungan wisata baik secara simultan maupun parsial. Berdasarkan penelitian serta analisis yang telah dilakukan dapat diketahui hasil penelitian dan hasil dari analisis menunjukan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh pengelola dengan menggunakan bauran pemasaran yaitu variabel produk dan promosi memiliki pengaruh terhadap tingkat kunjungan wisatawan domestik dibuktikan dengan nilai Fhitung 142,857 lebih besar dari Ftabel dengan nilai 4,001 yang didukung oleh uji koefisien determinasi yang menunjukan besar pengaruh strategi pemasaran sebesar 0,834 atau 83,4% sedangkan sisanya 16,6% dipengaruhi oleh variabel yang tidak dimasukan dalam penelitian yaitu price dan place. Maka hipotesis pertama ditolak artinya ada pengaruh strategi pemasaran yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul untuk meningkatkan kunjungan wisatawan domestik. Dari hasil Uji T menunjukan nialaikoefisien variabel promosi sebesar 0,927 dengan nilai t hitung 16,896 dengan signifikansi 0,000 <0,05 dengan demikian bahwa promosi berpengaruh positif signifikan terhadap tingkat kunjungan sebesar 0,882 setiap tahunnya sepanjang pengelolaan promosidilakukan secara baik dan optimal. Sedangakan variabel produk yang memiliki nilai koefisien sebesar 0,133 dengan nilai t hitung 2,417 dan taraf signifikan 0,05 dengan demikian variabel produk berpengaruh positif signifikan terhadap kunjungan wisatawan artinya jika pengelolaan produk dilakukan dengan baikdan optimal maka akan meningkatkan tingkat kunjungan sebesar 0,122 maka hipotesis kedua ditolak. Artinya variabel promosi memberikan kontribusi paling dominan terhadap Tingkat kunjungan wisatawan domestik di Pantai Parangtritis.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 412100215
Uncontrolled Keywords: strategi pemasaran, product dan promosi, kunjungan wisatawan domestik
Subjects: Tourism > Visitation Interest
Economy > Marketing > Promotion
Economy > Marketing > Marketing Strategy
Economy > Industry > Product Quality
Divisions: Usaha Perjalanan Wisata D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 27 Oct 2021 04:36
Last Modified: 27 Oct 2021 04:36
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/354

Actions (login required)

View Item View Item