Analisis Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan di Candi Sambisari Kabupaten Sleman

Hardian, Danur (2017) Analisis Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan di Candi Sambisari Kabupaten Sleman. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (555kB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (419kB)

Abstract

Tujuan yang mendasari skripsi ini adalah untuk mengetahui tingkat kunjungan wisatawan Balai Pelestarian Cagar Budaya Yogyakarta dalam melakukan strategi promosi di Candi Sambisari. Data yang sudah dikumpulkan oleh penulis menunjukan jumlah kunjungan wisatawan di Candi Sambisari setiap tahunnya selalu meningkat. Terkait dengan pentingnya strategi promosi yang sudah diterapkan oleh pihak pengelola, penulis ingin mengidentifikasi lebih jauh bagaimana dan dengan cara apa saja pihak pengelola Candi Sambisari dalam melakukan strategi promosi. Maka dari itulah penulis tertarik mengambil judul “ANALISIS STRATEGI PROMOSI DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN DICANDI SAMBISARI KABUPATEN SLEMAN”. Dalam hal ini penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif dan menggunakan metode pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Pengelolaan semua cagar budaya oleh pihak Balai Pelestarian Cagar Budaya Yogyakarta (BPCB DIY) dikategorikan sudah baik, hal ini ditunjukan berdasarkan data gabungan dari observasi, wawancara dan data yang sudah ada. Sedangkan strategi promosi yang sudah dilakukan oleh pihak Balai pelestarian Cagar Budaya DIY menurut data yang sudah dikumpulkan oleh penulis menunjukan angka yang signifikan, karena terjadinya peningkatan jumlah kunjungan wisatawan yang datang ke Candi Sambisari. Dalam hal ini penulis menggunakan teknik wawancara. Dalam melakukan strategi promosi, Balai Pelestarian Cagar Budaya Yogyakarta untuk meningkatkan kunjungan wisatawan sudah sangat dikategorikan baik kendati dari hasil wawancara yang penulis lakukan bahwa masih kurangnya promosi yang dilakukan menggunakan media elektronik dan belum adanya kerjasama dengan perusahaan yang bergerak dibidang pariwisata. Diharapkan setelah penelitian ini Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya Yogyakarta dapat meningkatkan promosi menggunakan media elektronik dan bisa bekerjasama dengan perusahaan yang bergerak dibidang pariwisata, sehingga dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di Candi Sambisari.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 415200134
Uncontrolled Keywords: Strategi promosi, wisatawan, obyek wisata
Subjects: Tourism
Tourism > Attraction
Tourism > Tourist / Traveler
Economy > Marketing > Promotion
Tourism > Cultural Tourism > Temple
Divisions: Usaha Perjalanan Wisata D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 28 Oct 2021 04:02
Last Modified: 28 Oct 2021 04:02
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/355

Actions (login required)

View Item View Item