Pengaruh Daya Tarik Wisata dan Promosi Media Sosial Terhadap Minat Kunjung Kembali Wisatawan di Destinasi Wisata Umbul Ponggok Kabupaten Klaten

Nurfitriana, Chansa Novia (2021) Pengaruh Daya Tarik Wisata dan Promosi Media Sosial Terhadap Minat Kunjung Kembali Wisatawan di Destinasi Wisata Umbul Ponggok Kabupaten Klaten. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (6MB)

Abstract

Minat Kunjung Kembali dalam sebuah bisnis di bidang pariwisata merupakan faktor yang paling penting. Destinasi wisata yang memiliki daya tarik unik serta promosi yang selalu dimaksimalkan akan mempengaruhi wisatawan terhadap keinginan untuk kembali berkunjung ke tempat wisata tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh daya tarik wisata pengaruh daya tarik wisata dan promosi media sosial terhadap minat kunjung kembali wisatawan di destinasi wisata Umbul Ponggok Klaten. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan regresi linier berganda. Data primer dalam penelitian ini diperoleh melalui kuesioner dan observasi, sedangkan data sekunder melalui studi pustaka dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini dengan purposive sampling sebanyak 100 responden yang merupakan pengguna Instagram dan Facebook, pernah mengunjungi Umbul Ponggok minimal satu kali, serta berumur 17 keatas. Hasil penelitian ini menunjukan hasil secara simultan (F) menunjukan hasil nilai sig (0,002) < α (0,05) dan nilai F hitung (6,853) > F tabel (3,09), artinya bahwa daya tarik wisata dan promosi media sosial berpengaruh terhadap minat kunjung kembali. Sedangkan untuk pengujian secara parsial (Uji t) variabel daya tarik wisata (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap varibel minat kunjung kembali (Y) dengan hasil nilai t hitung (2,376) > t tabel (1,98472) dengan tingkat signifikansi (0,019) < alpha (0,05). Sedangkan promosi media sosial (X2) berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap minat kunjung kembali (Y) dengan nilai nilai t hitung (1,715) < t tabel (1,98472) dengan tingkat signifikansi (0,090) > alpha (0,05). Sehingga variabel daya tarik wisata (X1) lebih mendominasi daripada variabel promosi media sosial (X2).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 517100765
Uncontrolled Keywords: Daya Tarik Wisata, Promosi Media Sosial, Minat Kunjung Kembali.
Subjects: Tourism > Attraction
Tourism > Visitation Interest
Economy > Marketing > Promotion
Social Media
Divisions: Pariwisata-SI
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 11 Dec 2021 03:21
Last Modified: 11 Dec 2021 03:21
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/437

Actions (login required)

View Item View Item