Komparasi Wisatawan Milenial dan Wisatawan Non Milenial Dalam Mengakses Media Sosial Sebelum Berwisata di Destinasi Wisata Srikeminut Imogiri

Indriyani, Merina (2021) Komparasi Wisatawan Milenial dan Wisatawan Non Milenial Dalam Mengakses Media Sosial Sebelum Berwisata di Destinasi Wisata Srikeminut Imogiri. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (1MB)

Abstract

Saat ini tidak hanya kaum milenial yang menggunakan media sosial, namun para orangtua juga mulai menggunakan media sosial dalam berbagai hal, salah satunya untuk mendapatkan referensi tempat berwisata. Penelitian ini bertujuan mengetahui ada atau tidaknya perbedaan perilaku antara wisatawan milenial dan wisatawan non-milenial dalam mengakses media sosial Youtube, Facebook dan Instagram sebelum berwisata di Destinasi Wisata Srikeminut. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data Nonprobability Sampling – Purposive Sampling dengan jenis analisis Independent Sampel T-test. Penelitian ini mengambil Destinasi Wisata Srikeminut yang berlokasi di Kedungmiri dan Wunut, Sriharjo, Imogiri, Bantul. Penelitian ini melibatkan 100 responden yang merupakan campuran dari wisatawan milenial dan wisatawan non milenial yang sedang berkunjung ke destinasi wisata Srikeminut pada bulan Juni 2021 dengan perbandingan 50 : 50. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak adanya perbedaan yang signifikan antara perilaku wisatawan milenial dan wisatawan non-milenial dalam mengakses media sosial Youtube dan Facebook, hal ini ditunjukkan dengan hasil output Independent Sampel T-test untuk media Sosial Youtube dengan nilai Thitung sebesar 0,777 sedangkan besarnya Ttabel untuk dk 98 sebesar 1,980 (0,777 < 1,980). Untuk media sosial Facebook hasil output Independent Sampel T-test menunjukkan nilai Thitung besarnya 0,258 sedangkan besarnya Ttabel untuk dk 98 sebesar 1,980 (0,258 < 1,980). Akan tetapi terdapat perbedaan perilaku antara wisatawan milenial dan wisatawan non-milenial dalam mengakses media sosial Instagram sebelum berwisata di Destinasi Wisata Srikeminut, hal ini ditunjukkan dengan hasil output Independent Sampel T-test dengan nilai Thitung sebesar 5,216 sedangkan besarnya Ttabel untuk dk 98 sebesar 1,980 (5,216 > 1,980).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 517100700
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Wisatawan Milenial, Wisatawan Non Milenial
Subjects: Tourism > Tourist / Traveler
Social Media
Divisions: Pariwisata S-I
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 22 Dec 2021 07:18
Last Modified: 22 Dec 2021 07:18
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/475

Actions (login required)

View Item View Item