Analisis Budaya Lokal Festival Bau Nyale Sebagai Atraksi Wisata Tahunan di Pantai Seger Lombok Tengah

Halidin, Ismail (2018) Analisis Budaya Lokal Festival Bau Nyale Sebagai Atraksi Wisata Tahunan di Pantai Seger Lombok Tengah. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (405kB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (2MB)

Abstract

ANALISIS BUDAYA LOKAL FESTIVAL BAU NYALE SEBAGAI ATRAKSI WISATA TAHUNAN DI PANTAI SEGER LOMBOK TENGAH Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Budaya lokal Bau nyale sebagai atraksi wisata tahunan di Pantai Seger Lombok Tengah dengan fokus masalah, (1) Bagaimana budaya lokal festival bau nyale dapat memberikan kontribusi dalam Industri Pariwisata?, (2) Bagaimana peran masyarakat lokal terhadap festival bau nyale sebagai atraksi wisata di Pantai Seger Lombok Tengah?. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi budaya bau nyale dan peran masyarakat serta pemangku kepentingan yang ada di Lombok Tengah. Data dalam penelitian ini merupakan hasil wawancara langsung kepada informan. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini adalah teknik Observasi, wawancara langsung, dokumentasi, dan studi literatur. Adapun teknik pengolahan data yang dilakukan dalam penelitian ini, yaitu terdiri atas reduksi data(penyederhanaan data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Sesuai dengan hasil penelitian selama festival bau nyale masyarakat lokal turut terlibat sebagai petugas keamanan, parkir, panitia, pedagang, serta loket tiket masuk. Berdasarkan hasil analisis data di simpulkan bahawa Budaya Lokal Bau nyale dapat memeberikan kontribusi positif terhadap industri pariwisata serta peningkatan ekonomi masyarakat lokal seperti : (1) untuk masyarakat, peningkatan ekonomi masyarakat, kesempatan untuk bekerja, untuk mempertahankan dan melestraikan budaya lokal. (2) untuk industri pariwisata, Biro perjalanan wisata, meningkatnya jumlah kunjungan yang di handle oleh suatu biro perjalanan wisata/agent perjalanan, terjualnya aket tour yang di jual oleh BPW/TA, Penginapan(accomodation), meningkatnya jumlah hunian kamar, Restaurant/Rumah makan, meningkatnya jumlah pembeli untuk memenuhi kebutuhan makan dan minum, Transportasi, meningkatnya jumlah pemakaian mode transportasi wisata untuk memenuhi kebutuhan wisatawan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 415200148
Uncontrolled Keywords: Atkasi wisata, budaya lokal, Industi Pariwisata, masyarakat lokal
Subjects: Tourism
Tourism > Attraction
Arts and philosophy > Culture
Economy > Industry > Creative Economy > Community Empowerment
Tourism > Community Based Tourism
Festival Events > Culture Festivals
Divisions: Pengelolaan Perhotelan D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 23 Dec 2021 03:52
Last Modified: 23 Dec 2021 03:52
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/481

Actions (login required)

View Item View Item