Pengaruh Persepsi dan Motivasi Wisatawan Terhadap Minat Kunjung Ulang di Pantai Kukup Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul

Nurhidayah, Muhammad Vicky (2021) Pengaruh Persepsi dan Motivasi Wisatawan Terhadap Minat Kunjung Ulang di Pantai Kukup Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (876kB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh persepsi dan motivasi wisatawan terhadap minat kunjung ulang di Pantai Kukup. Pantai Kukup merupakan salah satu pantai yang berada di Desa Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul, tepatnya berada di sebelah timur Pantai Baron. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode asosiatif kausal dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Pada penelitian ini variabel yang dihubungkan yaitu variabel persepsi (X1), variabel motivasi (X2) terhadap keputusan kunjung ulang wisatawan di Pantai Kukup (Y). Pada penelitian ini penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling dan jumlah respondennya 100 orang. Metode analisis data yang digunakan antara lain uji kelayakan variabel, analisis deskriptif, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis (uji t, uji F dan uji koefisien determinasi). Pengolahan data menggunakan software SPSS 21.0. Berdasarkan hasil pengolahan data dan analisis, diperoleh hasil bahwa persepsi secara parsial memberikan pengaruh terhadap keputusan kunjung ulang wisatawan ke Pantai Kukup. Selanjutnya pada variabel X2 yaitu motivasi, secara parsial terdapat pengaruh motivasi wisatawan terhadap keputusan kunjung ulang wisatawan ke Pantai Kukup. Kemudian persepsi (X1) dan motivasi (X2) secara bersama-sama memberikan pengaruh terhadap minat kunjung ulang wisatawan Pantai Kukup (Y). Hal ini dapat dilihat dari besarnya nilai Sig. 0,000<0,05 dan nilai F hitung adalah 47,206>F tabel (3,09). Besar pengaruh dari kedua variabel terhadap minat kunjung ulang dapat dijelaskan dengan besarnya koefisien determinasi yaitu sebesar 0,493. Hal tersebut menggambarkan bahwa motivasi dan persepsi memiliki pengaruh sebesar 49,3% terhadap keputusan berkunjung ulang wisatawan ke Pantai Kukup, sementara sisanya sebesar 50,7% dipengaruhi oleh faktor yang lain yang berada diluar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 517100787
Uncontrolled Keywords: Pantai Kukup, Persepsi, Motivasi, Wisatawan, Minat Kunjung Ulang.
Subjects: Tourism > Visitation Interest
Tourism > Tourist / Traveler > Tourist Motivation
Tourism > Tourist / Traveler > Tourist Perception
Divisions: Pariwisata S-I
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 27 Dec 2021 03:26
Last Modified: 27 Dec 2021 03:26
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/484

Actions (login required)

View Item View Item