Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Pada Objek Mata Air Cokro (OMAC) Kabupaten Klaten

Erikawati, Linda (2018) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Pada Objek Mata Air Cokro (OMAC) Kabupaten Klaten. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Pada Objek Mata Air Cokro (OMAC) Kabupaten Klaten” bertujuan untuk menjelaskan Apakah ada pengaruh kualitas pelayanan yang diwakili Profesionalisme, Tangibility, Complementary Offer, Basic Benefit dan Location terhadap kepuasan pengunjung di Objek Mata Air Cokro (OMAC). Jumlah sampel yang ditetapkan sebanyak 100 responden karena Roscoe dalam buku Sugiyono (2010:131) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D memberikan saran-saran tentang ukuran sampel yang layak untuk penelitian adalah antara 30 sampai dengan 500. Sebagai variabel independen adalah kualitas pelayanan yang diwakili Profesionalisme, Tangibility, Complementary Offer, Basic Benefit dan Location , sedangkan variabel dependennya adalah kepuasan pengunjung. Analisis yang digunakan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi dan uji statistik. Dari uji ANOVA atau F test didapat nilai F hitung sebesar 20,129 dengan probabilitas 0,000. Karena nilai probabilitas < 0,05 maka variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengunjung, maka Ha1 diterima. Dari kelima variabel independen yang dimasukkan kedalam model regresi menunjukkan bahwa variabel complementary offer menunjukkan nilai t yang lebih besar dari yang lain t = 5,900 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Dengan nilai signifikansi dibawah 0,05 tersebut menunjukkan bahwa variabel Complementary offer memiliki pengaruh signifikan atau dominan terhadap kepuasan pengunjung di Objek Mata Air Cokro (OMAC), maka Ha2 ditolak. Hasil analisis menggunakan koefisien determinasi diketahui bahwa 0,491 yang menunjukkan bahwa 49,1% kepuasan pngunjung dijelaskan dari kelima variabel independen profesionalime, tangibility, complementary offer, basic benefit dan location. Sedangkan sisanya dijelaskan oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 414100299
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pengunjung
Subjects: Corporate Business, Business Organization > Human Resource Development > Employee > Service Quality
Tourism > Tourist / Traveler > Tourist Satisfaction
Divisions: Usaha Perjalanan Wisata D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 03 Jan 2022 06:52
Last Modified: 03 Jan 2022 06:52
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/491

Actions (login required)

View Item View Item