Upaya Pengembangan dan Promosi Daya Tarik Wisata Curug Malela Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan

Sholihah, Mar'atu (2018) Upaya Pengembangan dan Promosi Daya Tarik Wisata Curug Malela Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (455kB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (996kB)

Abstract

Curug Malela merupakan salah satu daya tarik wisata yang berada di Kabupaten Bandung Barat. Keberadaan Curug Malela telah diketahui sejak lama oleh masyarakat luas, sayangnya Curug Malela belum berkembang secara maksimal, sehingga Curug Malela hanya dapat mendatangkan sedikit wisatawan. Padahal potensi dan peluang yang dimiliki Curug Malela cukup menjanjikan, karena hal itulah peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Upaya Pengembangan dan Promosi Daya Tarik Wisata Curug Malela dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya pengembangan dan promosi apa saja yang telah dilakukan Pengelola Daya Tarik Wisata Curug Malela dalam meningkatkan kunjungan wisatawan, serta upaya apasaja yang sebaiknya dilakukan agar Curug Malela dapat lebih banyak menarik wisatawan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah dengan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Kemudian digunakan reduksi data, penyajian data dan analisis SWOT sebagai metode analisis data. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa upaya pengembangan maupun promosi yang dilakukan di Curug Malela saat ini ternyata belum maksimal, baik dari pihak pengelola, Disparbud, maupun dari masyarakat. Melihat besarnya potensi dan peluang yang dimiliki Curug Malela, diharapkan pengelola, Disparbud dan masyarakat mampu memanfaatkan keadaan tersebut agar Curug Malela semakin diminati wisatawan. Jika dilihat dari posisi kuadran, Curug Malela berada pada kuadran satu, yang artinya Curug Malela memiliki peluang yang besar untuk menjadi daya tarik wisata yang lebih maju. Berdasarkan analisis SWOT, terdapat beberapa strategi alternatif yang dapat dilakukan di Curug Malela untuk meningkatkan kunjugan wisatawan ialah dengan mengoptimalkan pembangunan dan pengembangan potensi sekitar Curug Malela agar mudah dikunjungi wisatawan, memfasilitasi pengadaaan event, meningkatkan promosi yang lebih gencar di media sosial, mengoptimalkan web resmi Disparbud dalam mempromosikan Curug Malela, mengoptimalkan infrastruktur, serta memaksimalkan pelayanan dari pengelola agar pengunjung nyaman, betah dan tidak kapok untuk kembali datang ke Curug Malela.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 414100300
Uncontrolled Keywords: Strategi pengembangan, Promosi, alternatif strategi pengembangan, tingkat kunjungan
Subjects: Tourism > Visitation
Tourism > Tourism Development
Economy > Marketing > Promotion
Tourism > Visitation > Visit Rate
Divisions: Usaha Perjalanan Wisata D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 04 Jan 2022 02:36
Last Modified: 04 Jan 2022 02:36
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/492

Actions (login required)

View Item View Item