Pengaruh Total Quality Management (Tqm) Terhadap Kepuasan Wisatawan di Ramayana Ballet Prambanan Yogyakarta

Safitri, Egidia (2019) Pengaruh Total Quality Management (Tqm) Terhadap Kepuasan Wisatawan di Ramayana Ballet Prambanan Yogyakarta. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (342kB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (535kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan dimensi manakah yang dominan antara variabel independen yakni Total Quality Management (TQM) yaitu fokus pada pelanggan, kerjasama tim (teamwork), perbaikan secara berkesinambungan, pendidikan dan pelatihan dan keterlibatan dan pemberdayaan karyawan, dan variabel dependen yaitu Kepuasan Wisatawan. Jenis penelitian ini adalah penelitan kuantitatif yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pengambilan sampel sebanyak 100 responden dengan metode random, instrumen yang digunakan adalah kuesioner dengan skala likert. Data tersebut diuji validitas dan realibilitas serta dengan teknik analisis regresi berganda dengan menggunakan software komputer “SPSS 22.0” dengan metode analisis regresi linear berganda. Berdasarkan analisis uji F menunjukkan bahwa nilai F-hitung sebesar 37.220 dengan tingkat signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05 sedangkan F-tabel sebesar 2,310 yang berarti bahwa F hitung (37.220) > F tabel (2,310). Jadi dapat disimpulkan bahwa variabel independen yakni Total Quality Management (TQM) berpengaruh jika diuji secara bersama terhadap variabel dependen kepuasan wisatawan. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel independen terhadap variabel dependen yakni kepuasan wisatawan secara simultan. Berdasarkan pengujian parsial variabel kerjasama tim (teamwork) memiliki nilai tertinggi sebesar 5.150. sedangkan variabel perbaikan secara berkesinambungan memiliki nilai terendah yaitu 2.648 dan besar t-tabel yaitu 1.660. Dengan demikian kelima variabel independen yakni TQM dinyatakan signifikan dan Ho1 ditolak.. Berdasarkan uji determinasi (R ) sebesar 0,647 ini bearti kelima variabel independen yakni TQM berpengaruh terhadap variabel dependen yakni kepuasan wisatawan sebesar 64,7% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini dan Ho2 ditolak.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 515100483
Uncontrolled Keywords: TQM, fokus pada pelanggan, kerjasama tim (teamwork), perbaikan secara berkesinambungan, pendidikan dan pelatihan dan keterlibatan dan pemberdayaan karyawan kepuasan Wisatawan, Ramayana Ballet Prambanan
Subjects: Education
Tourism > Tourist / Traveler > Tourist Satisfaction
Corporate Business, Business Organization > Human Resource Development > Training
Divisions: Pariwisata S-I
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 05 Jan 2022 06:03
Last Modified: 06 Jan 2022 03:33
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/526

Actions (login required)

View Item View Item