Strategi Pengembangan Daya Tarik Wisata Kampung Arab Al Munawar Palembang

Kusumawardhani, Mrga Nurintan (2019) Strategi Pengembangan Daya Tarik Wisata Kampung Arab Al Munawar Palembang. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (607kB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Kampung Arab Al Munawar Palembang yang bertujuan untuk mengetahui srategi pengembangan Kampung Arab Al Munawar sebagai daya tarik wisata di Kota Palembang. Kampung Arab Al Munawar memiliki potensi untuk dikembangkan karena keanekaragaman atraksi yang dimiliki, beberapa diantaranya yaitu delapan bangunan yang masuk ke dalam cagar budaya, kebudayaan etnis arab dan kegiatan keagamaan. Namun pengelola masih belum memiliki strategi yang baik untuk pengembangan kawasan wisata terlihat dari menurunnya jumlah kunjungan wisatawan dari waktu ke waktu. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mix method) yang memadukan input data kuantitatif dan kualitatif sekaligus. Analisis kuantitatif yang dihasilkan adalah nilai bobot, rating, dan skor daya tarik. Sedangkan analisis kualitatif berupa analisis mengenai lingkungan eksternal dan internal, penafsiran skor pada matriks EFAS, IFAS, dan IE serta SWOT. Analisis SWOT menggunakan tiga variabel elemen dasar produk pariwisata yaitu atraksi, amenitas dan aksesibilitas. Berdasarkan matrik EFAS peluang terbesar dalam fungsional pengembangan daya tarik adalah tersedianya dermaga apung untuk pengembangan lebih lanjut dengan skor bobot 0,380. Sedangkan ancaman terbesar adalah kawasan wisata sejenis yang lebih menarik dengan skor bobot 0,140. Matrik IFAS memperlihatkan kekuatan terbesar dalam fungsional pengembangan data tarik adalah delapan bangunan yang masuk ke dalam cagar budaya yang memiliki skor bobot sebesar 0,260. Sedangkan kelemahan terbesar adalah Kurangnya SDM dalam pengembangan kawasan wisata” dengan skor bobot 0,053. Skor bobot total EFAS dan IFAS dengan secara berurutan 2,710 dan 2,840 yang berada pada posisi rata-rata. Berdasarkan skor bobot tersebut posisi fungsional pengembangan daya tarik wisata Kampung Arab Al Munawar berada pada sel V yaitu hold and maintain (jaga dan pertahankan), strategi yang digunakan yaitu strategi penetrasi pasar dan strategi pengembangan produk.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 515100495
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengembangan, Daya Tarik Wisata
Subjects: Tourism > Attraction
Tourism > Tourist Village
Tourism > Tourism Development
Divisions: Pariwisata S-I
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 07 Jan 2022 03:14
Last Modified: 07 Jan 2022 03:14
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/554

Actions (login required)

View Item View Item