Analisis Potensi Makam Raja-Raja Mataram sebagai Daya Tarik Wisata Ziarah Kotagede Kabupaten Bantul Yogyakarta

Ohorella, Nurul Izmi Handayani (2019) Analisis Potensi Makam Raja-Raja Mataram sebagai Daya Tarik Wisata Ziarah Kotagede Kabupaten Bantul Yogyakarta. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (974kB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (981kB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Makam Raja-raja Mataram Kotagede. Pada awalnya wisatawan yang berkunjung ke kawasan makam raja-raja mataram Kotagede sebatas tertarik dengan nilai budaya dan sejarah beridirinya makam ini. Namun, terjadi pergeseran wisatawan yang berkunjung ke kawasan ini yaitu adanya kecenderungan wisatawan untuk memenuhi kebutuhan spiritualnya dengan melakukan upacara ritual tertentu yang mengarah pada wisata ziarah. Hal ini tidak sebanding dengan ketersediaaan sarana prasaran yang mampu memenuhi kebutuhan wisatawan dari segmen tersebut. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi makam raja-raja mataram sebagai daya tarik wisata ziarah di Kotagede Kabupaten Bantul Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Informasi diperoleh dari wisatawan/peziarah yang berada di kawasan makam rajaraja mataram Kotagede. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, angket, dokumentasi dan studi pustaka. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan verifikasi. Hasil dalam penelitian ini adalah aktivitas wisatawan/peziarah yaitu melakukan ritual untuk memenuhi kebutuhan spiritual. aktivitas wisatawan/peziarah di Makam Raja-raja Mataram Kotagede membutuhkan penyediaan berupa dupa dan kembang untuk memenuhi kebutuhan spiritual. Wisatawan/peziarah belum mendapatkan pengalaman yang unik sehingga dibutuhkan cerita-cerita khusus untuk perkaya mitos/ cerita agar mampu memberikan pengalaman yang unik bagi wisatwan/peziarah. Wisatawan/peziarah yang datang ke Makam Raja-raja Mataram Kotagede memiliki segmentasi pasar yang berbeda yiatu wisatawan yang sekedar mengetahui nilai budaya, wisatawan/peziarah yang sekedar berziarah dan wisatawan yang melakukan ziarah serta ritual, dengan adanya potensi-potensi tersebut maka dapat diambil kesimpulan bahwa munculnya penetrasi baru yaitu wisata budaya yang berpotensi menjadi wisata ziarah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 515100501
Subjects: Tourism > Attraction
Tourism > Religious Tourism > Pilgrimage Tours
Tourism > Religious Tourism
Divisions: Pariwisata S-I
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 07 Jan 2022 07:01
Last Modified: 07 Jan 2022 07:01
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/567

Actions (login required)

View Item View Item