Strategi Pemasaran di Warunk Upnormal Dalam Menarik Minat Konsumen

Maharani, Alexandra Putri (2019) Strategi Pemasaran di Warunk Upnormal Dalam Menarik Minat Konsumen. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dengan banyaknya usaha dibidang kuliner pada saat ini, mengharuskan pemilik atau pengelola usaha berfikir keras menyusun strategi untuk memenangkan hati konsumen. Pemilik atau pengelola usaha harus mampu membaca hal-hal yang menjadi selera bahkan mampu membaca dan mengikuti tren masa kini demi memenuhi keinginan yang akan menjadi konsumennya. Warunk Upnormal yang berlokasi di jalan jl. Seturan Raya No.90, Condongcatur, Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan café menyediakan menu olahan dari mie instan yang ditambahkan dengan macam-macam topping dan menu lainnya. Warunk Upnormal seturan sudah beroperasi sejak tahun 2014. Berdasarkan Outlet Manager Warunk Upnormal jumlah pengunjung dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti pada penelitian ini dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi dengan Outlet Manager serta beberapa konsumen dari Warunk Upnormal. Hasil observasi, wawancara dan dokumentasi yang telah peneliti lakukan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh Warunk Upnormal yaitu melakukan promosi baik dengan sistem online maupun offline, dan menciptakan loyalitas konsumen dengan cara memberikan pelayanan prima, meningkatkan fasilitas, memperbaharui produk-produk dengan mengikuti perkembangan tren, serta meningkatkan kualitas dari produk. Strategi pemasaran alternatif yang dapat dilakukan oleh Warunk Upnormal, yaitu; a. Strategi S-O (Strength and Opportunity): meningkatkan promosi yang lebih dengan cara offline maupun online untuk pengenalan usaha dan produk kepada calon konsumen, serta meningkatkan promosi yang telah dijalankan dan membuat produk yang lebih inovatif dan kreatif untuk menarik konsumen guna mendatangkan pendapatan yang lebih; b. Strategi S-T (Strength and Threats ): mengikuti perkembangan tren atas konsep yang dapat menarik konsumen agar eksistensi café tetap terjaga dan melakukan upaya-upaya demi menjaga loyalitas dan kualitas SDM dalam memberikan pelayanan terhadap konsumen guna menciptakan rasa nyaman dan keinginan untuk datang kembali; c. Strategi W-O (Weakness and Opportunity): memperluas lahan parkir guna memberikan kenyamanan untuk konsumen yang datang terutama pada saat musim tahun ajaran baru dan memberikan pelatihan kepada SDM baik pengetahuan produk maupun pelayanan prima guna menambah pengetahuan, keterampilan, dan kecepatan SDM dalam melakukan pelayanan, serta melakukan perbandingan dan penyesuaian bahan makanan harga jual kepada pesaing juga latar belakang dari target pasar; d. Strategi W-T (Weakness and Threats): meningkatkan mutu dari pelayanan maupun produk dan menjaga ciri khas Warunk Upnormal agar tetap bisa bersaing meskipun banyak competitor serta tetap diminati oleh konsumen, dan memaksimalkan promosi offline agar konsumen yang tidak/belum mengikuti media sosial Warunk Upnormal tetap dapat mengetahui promosi yang berlaku.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 314100681
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Warunk Upnormal.
Subjects: Economy > Marketing > Marketing Strategy
Divisions: Pengelolaan Perhotelan D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 11 Jan 2022 02:47
Last Modified: 11 Jan 2022 02:47
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/594

Actions (login required)

View Item View Item