Pembuatan Minuman Jelly Berbahan Dasar Sayuran Wortel dan Brokoli sebagai Alternatif Pengganti Buah- Buahan

Hanna, Tissa Tifani (2019) Pembuatan Minuman Jelly Berbahan Dasar Sayuran Wortel dan Brokoli sebagai Alternatif Pengganti Buah- Buahan. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pembuatan Minuman Jelly Berbahan Dasar Sayuran Wortel dan Brokoli Sebagai Alternatif Pengganti Buah-buahan” dilatar belakangi oleh keingintahuan peneliti terhadap jelly yang selama ini ada dan mudah di temukan pada umum nya yang terbuat dari buah-buahan, dengan demikian peneliti memiliki ide bagaimana bila jelly yang umumnya terbuat dari bahan dasar buah-buahan menjadi berbahan dasar sayuran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat kesukaan konsumen/responden terhadap olahan jelly berbahan dasar sayuran wortel dan brokoli ditinjau dari rasa, tekstur, warna, bentuk dan aroma. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, yang mana responden pada penelitian ini adalah mahasiswa/i STP AMPTA Yogyakarta sebanyak 15 orang dan dilakukan penelitian sebanyak tiga kali dimana jumlah responden menjadi 45 orang. Peneliti memilih para responden yang terdiri dari para mahasiswa/i yang tergabung dalam kegiatan kulinary dan pastry. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan eksperimen, wawancara dan kuisioner. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif Pembuatan jelly ini memiliki 4 resep yang masing-masing resep terdiri dari resep A 25% wortel dan 75% brokoli, resep B 75% wortel dan 25% brokoli, resep C 50% wortel dan 50% brokoli. Hal tersebut diperkuat oleh hasil analisis deskriptif yang menunjukkan nilai mean pada kelima aspek yaitu rasa yang memiliki nilai mean 3,09, tekstur memiliki nilai mean 2,98, warna memiliki nilai mean 3,00, bentuk memilki nilai mean 3,00 dan aroma memiliki nilai mean 3,00. Dengan demikian jelly berbahan dasar sayuran wortel dan brokoli dapat menjadi alternatif sebagai pengganti buah-buahan karena dilihat dari banyaknya manfaat pada wortel dan brokoli dan productin cost nya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 315100859
Uncontrolled Keywords: Jelly berbahan dasar sayuran brokoli, wortel dan brokoli, aspek rasa,tekstur,warna, bentuk dan aroma.
Subjects: Food and Beverage
Divisions: Pengelolaan Perhotelan D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 14 Jan 2022 04:16
Last Modified: 14 Jan 2022 04:16
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/618

Actions (login required)

View Item View Item