Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan di Desa Wisata Batu Dulang Sumbawa Besar

Asmika, Prita Widhiayu (2021) Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan di Desa Wisata Batu Dulang Sumbawa Besar. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (515kB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (841kB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (406kB)

Abstract

Penelian ini mengkaji tentang Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatwan Di Desa Wisata Batu Dulang Sumbawa Besar. Penelitian di lakukan untuk mengetahui bagaimana strategi promosi yang di lakukan pengelola dalam meningkatkan kunjungan wisatawan di Desa Wisata Batu Dulang Sumbawa Besar. Penelitian ini dilakukan di Desa Wisata Batu Dulang Sumbawa Besar pada bulan Maret sampai dengan bulan juni 2020. Penelitian ini di lakukan dengan menggunakan metode deskriftif kualitatif dan Analisis SWOT melalui beberapa teknik pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi, wawancara, kuisioner, dan Studi literatur. Wawancara di peroleh dari 3 narasumber yaitu Ketua Pokdarwis Desa Wisata Batu Dulang, Sekertaris Pokdarwis Desa Wisata Batu Dulang dan Bendahara Pokdarwis Desa Wisata Batu Dulang, data juga diperoleh melalui penyebaran kuisioner kepada 10 responden. Hasil penelitian ini menujukan menunjukan hasil dari perhitungan faktor internal nilai x 0.959574 dan faktor eksternal nilai y 1.073061. Dari tabel IFAS dan EFAS menunjukan bahwa nilai x dan nilai y memiliki kesamaan, yaitu nilai x berada pada posisi poditif dan nilai y juga positif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa posisi Desa Wisata Batu dulang Sumbawa berada pada kuadran 1. Sehingga Fokus Desa Wisata Batu Dulang adalah memanfaatkan peluang yang ada dengan menciptakan strategi yang menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang. Posisi kuadran I (positif,positif). Posisi menandakan sebuah organisasi yang kuat dan berpeluang, rekomendasi strategi yang dibutuhkan adalah progresif. Artinya organisasi dalam kondisi prima dan mantap sehingga sangat memungkinkan untuk terus melakukan ekspansi, membesarkan pertumbuhan dan meraih kemajuan secara maksimal. Pada kuadran 1 menghasilkan strategi Strenght – Opportunities (SO) dimana strategi yang tercipta antara lain Pengelola memaksimalkan keunggulan atraksi wisata alam dan memanfaatkan Trend wisata back to nature yang saat ini sedang diminati oleh wisatawan. Bekerjasama dengan DISPOPAR dalam mengembangkan kualitas SDM yang ada dengan rutin mengikuti pelatihan yang diselenggaran DISPOPAR Kabupaten Sumbawa. Memperkuat karakter Desa Wisata Batu dulang sebagi Desa penghasil madu hutan terbaik yang ada disumbawa dengan membuat pelatihan terkait madu hutan yang dapat menjadi sarana edukasi bagi masyarakat Sumbawa Besar. Bekerja sama dengan pelaku usaha pariwisata dengan membuat paket tour untuk desa Wisata Batu Dulang Sumbawa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 516100581
Subjects: Tourism > Tourist Village
Economy > Marketing > Promotion
Tourism > Visitation > Visit Rate
Divisions: Pariwisata S-I
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 17 Jan 2022 05:50
Last Modified: 17 Jan 2022 05:50
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/642

Actions (login required)

View Item View Item