Analisis Faktor Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Berkunjung Wisatawan Pada Obyek Wisata Taman Sari Yogyakarta

Wirajaya, Agus (2019) Analisis Faktor Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Berkunjung Wisatawan Pada Obyek Wisata Taman Sari Yogyakarta. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (708kB)
[img] Text
BBA 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (811kB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (569kB)

Abstract

Untuk menarik ataupun mempertahankan kunjungan wisatawan, pengelola obyek wisata perlu memahami perilaku wisatawan dalam pengambilan keputusan mengunjungi sebuah obyek wisata agar pengelola bisa menerapkan stategi pemasaran yang tepat. Maka dari ituanalisis faktor dominan dan faktor-faktor yang mempengaruhikeputusan wisatawan dalam melakukan kunjungan wisata di Taman Sari Yogyakarta perlu dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh apakah faktorbauran pemasaran, sosial budaya psikologi, dan situasi terhadap keputusanwisatawan dalam melakukan kunjungan wisata. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Ukuran sampelpenelitian ini sebanyak 100 responden.Pemilihan sampel menggunakan teknik Acidental Sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan skala likert. Uji Persyaratan analisis menggunakan uji validitas, uji realibilitas, uji normalitas, uji multikolonearitas, dan uji autokorelasi.Analisis data dalam pengujian hipotesismenggunakan analisis regresi linier berganda, uji F dan uji t dimaksud untuk mengetahui secara simultan dan secara parsial pengaruh variabelindependen terhadap variabel dependen pada tingkat kepercayaan 95%(a = 0.05). Hasil analisis data menunjukan bahwa secara parsial variabel bauran pemasaran, sosial budaya, dan situasi tidak berpengaruh terhadap keputusan wisatawan berkunjung di Taman Sari sedangkan variabel psikologi menunjukan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan wisatawan berkunjung.Tetapi secara simultan ke empat variabel tersebut berpengaruh terhadap keputusan wisatawan. Faktor yang dominan berpengaruh adalah faktor psikologi. Nilai koefisiendeterminasi (R2) menunjukan bahwa variabel independen yang diteliti mampu menjelaskan 35,6% terhadap variabel keputusan wisatawan sedangkan sisanya 64,4% dijelaskan oleh variabel independen lainnyayang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 417200166
Uncontrolled Keywords: Bauran Pemasaran, Sosial Budaya, Psikologi, Situasi, Keputusan Wisatawan
Subjects: Tourism > Visitation
Tourism > Cultural Tourism
Divisions: Usaha Perjalanan Wisata D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 20 Jan 2022 04:53
Last Modified: 20 Jan 2022 04:53
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/708

Actions (login required)

View Item View Item