Strategi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Anambas Dalam Upaya Mempromosikan Wisata-Wisata di Kabupaten Kepulauan Anambas

Agustian, . (2019) Strategi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Anambas Dalam Upaya Mempromosikan Wisata-Wisata di Kabupaten Kepulauan Anambas. Bachelor thesis, STP AMPTA Yogyakarta.

[img] Text
COVER - BAB 1_opt.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 2 - BAB 4_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB)
[img] Text
BAB 5 - LAMPIRAN_opt.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk; 1) mendeskripsikan pelaksanaan strategi promosi wisata; 2) Mendeskripsikan faktor pendukung strategi promosi wisata; 3) menganalisis hambatan strategi promosi wisata; 4) mendeskripsikan langkah yang ditempuh untuk mengatasi hambatan strategi promosi wisata. Penelitian ini dilaksanakan di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Anambas. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Informan penelitian utama adalah Kepala Bidang Promosi, informan pendukung adalah Kepala Seksi Promosi Wisata Dalam dan Luar Negeri. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahap-tahap pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan.Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data yaitu triangulasi sumber data dan metode. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa; 1) pelaksanaan strategi promosi wisata sudah berjalan baik, walupun belum sepenuhnya optimal; 2) pengembangan wisata di Anambas di dukung oleh program dinas terkait berupa kegiatan Rencana Strategis (Renstra) dan Rencana Kerja (Renja) dalam mempromosikan wisata menggunakan alat atau media promosi, seperti media cetak, media elektronik, media promosi dan pameran wisata; 3) pengembangan wisata di Anambas ternyata memiliki beberapa hambatan antara lain: obyek wisata belum ditata dan dikelola dengan baik, alokasi anggaran dari pemerintah daerah yang masih terbatas, dan belum adanya bagian khusus yang menangani masalah promosi wisata, misalnya bagian public relations; 4) dinas terkait dan para stakeholder dunia pariwisata menempuh beragam cara untuk mengatasi berbagai kendala yang ditemui antara lain: mengoptimalkan sumber daya yang ada serta menjalin kerjasama dengan pihak/instansi/lembaga lain untuk mengembangkan pariwisata di Anambas. Hal ini terbukti berhasil, berdasarkan data yang ada tahun 2017 jumlah wisatawan 108,233 orang. Tahun 2018 mengalami kenaikan menjadi 108,785 orang.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Student ID Number: 414100276
Uncontrolled Keywords: Strategi Promosi, Pariwisata, Disparbud.
Subjects: Tourism
Economy > Marketing > Promotion
Divisions: Usaha Perjalanan Wisata D-IV
Depositing User: Bama Suprobojati SIP.
Date Deposited: 20 Jan 2022 05:08
Last Modified: 20 Jan 2022 05:08
URI: http://repository.ampta.ac.id/id/eprint/709

Actions (login required)

View Item View Item